Coba Tips Pola Hidup Sehat Ini Yuk Bagi Kamu yang Menjalani Program Diabetes Diet

HIPVIE.COMDiabetes melitus, adalah penyakit seumur hidup yang banyak dialami oleh masyarakat. Dimana orang tersebut memiliki kadar gula yang tinggi, pankreas tidak dapat mensekresikan insulin atau malah sel-sel tubuh yang tidak mampu berespon terhadap insulin. Akibatnya, tubuh harus mendapat asupan insulin dari luar baik memalui injeksi atau obat. Tetapi tak semudah itu penderita diabetes dapat menjaga kadar gulanya, mereka harus dipaksa melakukan program diabetes diet jika ingin tetap sehat dan tidak drop.

Gejala utama pada penderita diabetes ada 4 hal, yaitu haus, sering lapar, pipis dan kekurangan produksi energi . Menurut informasi health.detik.com, Tahun 2013, di Indonesia ada 8,5 juta orang penyandang diabetes. Ya, penderita diabetes cepat sekali merasa lapar akibat sistem metabolisme tubuh yang tidak mampu memenuhi kebutuhan sel. Maka dari itu, penting sekali penderita diabetes melakukan program diabetes diet dan mengontrol rasa laparnya agar kadar gula tidak naik secara ekstrim.

Untuk kamu yang menjalani program diabetes diet, ada beberapa tips agar tetap lancar menjalani diet dan tak merasa jenuh. Berikut Tips Pola Hidup Sehat Penganut Diabetes Diet:

  • Tak Selamanya Menjauhi Karbohidrat

Bagi penderita diabetes, karbohidrat menjadi musuh dalam selimut yang dibutuhkan tetapi juga dapat membahayakan. Kerena nantinya karbohidrat akan diolah tubuh menjadi gula. Jika terlalu banyak karbohidrat yang dikonsumsi artinya kadar gula dalam darah juga dapat meningkat. Hal itu bukan berarti penderita harus anti terhadap karbohidrat, hanya saja pilihlah karbohidrat kompleks dan bereserat tinggi seperti kentang, sereal, gandum atau roti. Karbohidrat kompleks akan diolah secara bertahap didalam tubuh sehingga dapat menjaga level gula darah.

  • Yang Manis Yang Ditahan

Maksudnya adalah, penderita diabetes diperbolehkan makan yang manis-manis hanya saja harus dikontrol dan ditahan dalam jumlah yang secukupnya. Jika kamu ingin makan makanan yang manis, kamu harus mengurangi asupan karbohidrat utama untuk menyeimbangkan suplay gula didalam darah.

Untuk memenuhi keinginan kamu mengkonsumsi yang manis-manis juga bisa ditanggulangi dengan menggunakan gula alternatif seperti gula dari jagung. Dengan begitu kamu tetap dapat mengkonsumsi makanan manis aman dan damai tanpa takut kadar gula naik mendadak.

  • Makan Teratur Dan Tepat Waktu

Makan yang teratur dan tepat waktu juga membantu menstabilkan kadar gula darah. Frekuensi makan dalam program diabetes diet adalah makan 3 kali sehari dan 2 kali waktu snack. Setelah makan, biasanya kadar gula akan meningkat, maka dari itu, jika waktu makan terkontrol kadar gula juga akan stabil.

  • Membuat Menu Harian

Membuat menu harian merupakan salah satu jalan agar pola makan kamu dapat terus terkontrol dan tidak bosan. Kebosanan terkadang membuat kamu jadi frustasi dan akhirnya melanggar pantangan. Padahal disiplin dalam menjalani pola hidup sehat adalah kunci utama menjaga kondisi bagi penderita diabetes melitus.

Baca ini juga yuk: Ternyata Kandungan Makanan Dan Zat Gizi Sebagai Pembangun Sel-sel Baru Didalam Tubuh itu Tak Selamanya Baik Untuk Tubuh Lho

*Image credit: bryanking.net
*Article copyright of hipvie.com

Bagikan ke temanmu ya!

Tempat Comments Sahabat HIPVIE :

comments

Today view: 1 - Total View: 1134