Diabetes Penyakit Yang Tidak Ditemukan Obatnya Dalam Dunia Kedokteran Tapi Kamu Dapat Mencegahnya Lewat Pola Hidup Sehat Ini

HIPVIE.COMVonis diabetes adalah sebuah keputusan dokter yang bukan hanya membuat kita menjadi putus asa namun juga mampu membuat harapan hidup kita menurun tajam. Mendengar kata diabetes seperti mendengar kata akhir dalam hidup kita. Ini wajar terjadi mengingat angka kematian penderita diabetes sangat besar (Angka kematian penderita diabetes dalam berita life.viva.co.id). Selain itu peluang kesembuhan bagi penderita diabetes sangat kecil bahkan hampir-hampir tidak ada. Meski begitu, adalah sebuah hal besar jika kita berputus asa menghadapi penyakit ini. Karena penyakit ini sesungguhnya dapat dikontrol dengan cara hidup yang sehat serta dengan menjalankan harapan hidup yang baik. Untuk Hidup Sehat Penderita Diabetes, ada beberapa hal yang harus selalu dijaga;

Diabetes memang penyakit yang tidak ditemukan obatnya dalam dunia kedokteran. Kalaupun selama ini penderita diabetes harus mengkonsumsi obat yang direkomendasikan dokter, sifatnya bukanlah menyembuhkan melainkan mengatur agar diabetes yang kita derita tidak semakin parah. Mengatur pola hidup sehat dengan cara melakukan diabetes diet adalah penting untuk penderita diabetes.

Seperti halnya penderita penyakit ginjal yang harus melakukan protein diet, penderita diabetes juga dapat mengontrol penyakitnya dengan melakukan diet. Diabetes diet adalah pengaturan pola makan sehari-hari penderita diabetes dalam rangka menjaga level gula darah tetap dalam keadaan normal. Seperti halnya diet pada penderita penyakit lainnya seperti protein diet, garam diet dan lain-lainnya, diet yang dilakukan oleh penderita diabetes dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang dianjurkan dengan takaran tertentu dan menghindari makanan yang dilarang untuk dikonsumsi.

  • Makanan Pantangan Untuk Penderita Diabetes

Jika protein diet dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang rendah protein, maka diabetes diet dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang rendah kalori. Beberapa makanan yang dilarang dikonsumsi untuk penderita diabetes adalah:

  1. Makanan kaya gula. Bagi penderita diabetes makanan yang kaya gula seperti gula pasir, coklat, makanan dengan pemanis buatan harus dihindari. Jika ingin mengkonsumsi sesuatu yang manis sebaiknya didapatkan dari makanan yang mengandung kadar gula minimal. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter pribadi kita saat kita ingin melakukan diabetes diet.
  2. Makanan berkolesterol tinggi. Penyakit diabetes membuat kolesterol jahat menumpuk lebih banyak di tubuh sehingga makanan seperti kuning telur, daging merah, udang dan susu berlemak harus dihindari penderita diabetes.
  3. Buah dan sayur pilihan (Baca juga: Bersahabatlah Dengan Berbagai Manfaat Dari Sayuran). Bagi orang normal tanpa diabetes segala macam buah adalah menyehatkan. Namun bagi penderita diabetes, beberapa buah yang manis dan mengandung glukosa sakarosa yang tinggi dapat menyebabkan lonjakan gula darah. Hindari stroberri dan mangga juga sayuran berpati seperti kentang dan labu. Perbanyak makan buah apel dan pir serta sayur wortel jika kita ingin mengkonsumsi buah dan sayur

Selain diabetes diet, penderita diabetes juga disarankan untuk tetap rutin berolahraga. Karena olahraga ini berfungsi membakar kalori dan bagus untuk sirkulasi darah. Lakukan olahraga rutin yang ringan seperti bersepeda, jalan dan berenang. Olahraga selain untuk menjaga kebugaran tubuh penderita diabetes, juga menjadi ajang sharing bagi sesama penderita diabetes sehingga bisa saling menguatkan dan memberi harapan.

Baca ini juga Yuk: Berapa Gelas Kamu Minum Air Putih Dalam Sehari? Lihat Yuk Pola Hidup Sehat Dengan Air Putih

*Image credit: completehealthnews.com
*Article copyright of hipvie.com

Bagikan ke temanmu ya!

Tempat Comments Sahabat HIPVIE :

comments

Today view: 1 - Total View: 1362