Hai Sist, Kamu Alergi Saat Memakai Kosmetik? Ini Cara Mengatasinya

HIPVIE.COMKosmetik, itulah namanya yang tidak bisa dipisahkan dari kamu-kamu yang cewek. Mulai dari kosmetik untuk wajah, perawatan kulit, perawatan kuku, dan sebagaianya. Kosmetik inipun menawarkan harga yang bervariasi, ada yang terjangkau sampai ada yang harus merogoh kantong saku dalam – dalam. Mereka rela menghabiskan uang yang banyak demi kelihatan lebih cantik dengan janji – janji manis dari kosmetik ini. Namun perlu kamu ketahui, bahwa menggunakan kosmetik juga bukan hal yang dianggap remeh, kosmetik ini dapat membuat gangguan pada kulit kamu. Salah satu dari gangguan terhadap penggunaan kosmetik adalah alergi kosmetik. (Yuk, lihat ini Sist: Mungkin Kamu Tidak Selalu Rutin Menggunakan Kosmetik, So, Kapan Sist Saatnya Mengganti Kosmetik?)

Penyebab Alergi Kosmetik

Bahan pembuatan kosmetik terdiri dari berbagai macam. Bisa jadi salah satu dari bahan tersebut adalah bahan penyebab alergi terhadap kulit kamu. Sehingga jika kamu menggunakan kosmetik tersebut maka tubuh kamu akan memberikan reaksi yang abnormal. Bahan – bahan yang berpotensi menjadi alegran bagi orang A belum tentu menjadi bahan alegran orang B. Dari sekian banyak bahan kosmetik yang menimbulkan alergi, penyebab yang paling banyak adalah pengawet kosmetik, zat warna tertentu, dan parfum.

Gejala Alergi Kosmetik

Gejala dari alergi kosmetik ini adalah munculnya reaksi abnormal dari tubuh jika ada kontak tubuh dengan kosmetik tersebut. Reaksi – reaksi ini biasanya berupa gatal – gatal, kulit menjadi kemerahan dan sedikit menonjol (bengkak). Pada pemakaian pertama biasanya tidak terlihat gejala dari alergi kosmetik ini, tapi pada pemakaian selanjutnya akan terlihat. Reaksi dari tubuh terhadap zat alegran ini juga bisa bersifat langsung dan tak langsung. Misal kamu menggunakan parfum, reaksi langsungnya adalah berupa gatal – gatal dikulit. Bisa jadi reaksi tersebut baru akan muncul beberapa hari setelah pemakaian, inilah yang disebut dengan reaksi tak langsung.

Sampai saat ini, belum ditemukan obat untuk menyembuhkan alergi kosmetik. Obat yang dipakai untuk menyembuhkan alergi saat ini sebenarnya hanya obat untuk menyembuhkan reaksi yang ditimbulkan, bukan menyembuhkan alerginya. Misal, reaksi yang ditimbulkan dari pemakaian kosmetik adalah gatal – gatal, dan anda menggunakan obat gatal – gatal untuk menyembuhkannya. Namun, kabar baik juga datang untuk kamu, para masyarakat tradisional biasa menggunakan jinten hitam untuk mengatasi alergi ini. Jinten hitam dipilih karena jinten hitam ini dapat mereduksi histamine yang mana histamine inilah yang menyebabkan reaksi abnormal jika tubuh kontak dengan kosmetik. Tak hanya jinten hitam, tanaman lain seperti mahkota dewa, sambiloto, dan rumput mutiara juga dipercaya dapat mengobati alergi kamu. Cara penggunaan dari semua tanaman herbal diatas adalah dengan meminumnya.

Cara mengatasi alergi kosmetik

Seperti dikutip dari ruangsehatku.blogspot.com, berikut Sist Cara Mengatasi Alergi Kosmetik :

  • Hindari pengggunaan kosmetik yang menyebabkan Anda alergi.
  • Baca terlebih dahulu bahan pembuatan kosmetik sebelum kamu memakainya. Jika diantara bahan tersebut kamu menemukan bahan yang menyebabkan kamu alergi, ada baiknya jika kamu menghindari penggunaannya.
  • Gunakan kosmetik dengan label hypoallergenic.
  • Hypoallergenic adalah produk kosmetik yang ramah terhadap kulit. Telah dilakukan percobaan pada hypoallergenic ini pada beberapa orang yang alergi terhadap kosmetik. Hasilnya menunjukkan sedikit dari mereka yang alergi pada hypoallergenic. Namun, tidak tertutup kemungkinan juga jika anda alergi pada saat menggunakan hypoallergenic ini.
  • Jika dalam waktu 3 hari, alergi kamu tidak kunjung sembuh, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Baca ini Yuk: Tak Perlu Mahal-mahal Sist, Ini Tips Belanja Kosmetik Secara Hemat

(ruangsehatku.blogspot.com)
*Foto: copyright personalcaretruth.com

Bagikan ke temanmu ya!

Tempat Comments Sahabat HIPVIE :

comments

Today view: 2 - Total View: 587
One comment

Comments are closed.