Keseharian Kamu, Lebih Sering Minum Air Es atau Air Hangat? Lihat Yuk Alasan Mengapa Minum Air Hangat Lebih Sehat Dibanding Minum Air Es

HIPVIE.COM – Saat cuaca panas, kamu tentu sering  lebih memilih untuk mengonsumsi air es dari pada air hangat namun hal tersebut ternyata kurang baik bagi kesehatan kamu. Banyak orang percaya, minuman dingin lebih menyegarkan tubuh dan dapat membakar kalori. Sayangnya, sejumlah bukti menemukan, minum es di cuaca panas justru dapat mengganggu saluran pencernaan.

Konsumsi air hangat itu lebih baik!

Sejauh ini, ternyata masih banyak yang belum mengetahui tentang efek konsumsi air dingin dan air hangat. Berikut beberapa alasan mengapa mengonsumsi air es tidak baik untuk kesehatan:

  • Air es bisa mempengaruhi pencernaan

Menurut sebuah studi dari Journal of Physiology, pengaruh suhu minuman dapat berdampak serius pada sistem pencernaan kamu. Meski efeknya bervariasi, namun konsep pengobatan Cina menemukan, minum es setelah makan bisa memperlambat proses pencernaan.

  • Air es mempengaruhi limpa

Dalam tradisi akupuntur, limpa dianggap membutuhkan suhu normal agar berfungsi dengan baik. Limpa yang sehat sangat penting untuk melindungi tubuh dari patogen dan melawan infeksi.

  • Air dingin melemahkan sistem kekebalan tubuh

Minum air dingin setelah makan akan membuat tubuh memproduksi lendir berlebih yang dapat menyebabkan penurunan fungsi sistem kekebalan tubuh, sehingga lebih mudah pilek atau flu.

  • Air es memperburuk kondisi kesehatan

Menurut sebuah studi oleh European Society of Pediatric Allergy and Immunology, air es dapat memperburuk gejala asma pada anak. Studi lain menemukan, 7,6 persen peserta penelitian mengalami sakit kepala setelah minum segelas air es.

Lalu apa manfaat minum air hangat? Lihat yuk:

Seperti yang dilansir dari lifehack.org yang dikutip dari vemale, berikut ini beberapa manfaat air hangat bagi kesehatan.

1. Mampu menurunkan berat badan

Air hangat atau panas dapat membantu untuk menjaga metabolisme tubuh, sehingga dapat menurunkan berat badan. Air hangat akan lebih baik lagi manfaatnya jika di campur dengan perasan air lemon di pagi hari, maka sistem metabolisme lebih lancar dan sehat. Jika kamu terkena flu atau radang tenggorokan coba untuk segera minum air hangat.

2. Mengurangi rasa sakit kram perut karena menstruasi

Jika kamu (wanita) mengalami kram perut ketika menstruasi, tak perlu mengonsumsi obat-obatan. Cobalah untuk minum satu gelas air hangat maka rasa sakit kram perut akan reda dengan sendirinya.

3. Mengeluarkan racun dari tubuh

Ketika minum air hangat atau panas, suhu tubuh meningkat dan ketika itulah racun-racun keluar dari tubuh. Makanya jika kamu ingin terhindar dari racun-racun ada baiknya untuk meminum air hangat setiap harinya.

4. Mencegah penuaan dini dan jerawat

Air hangat dapat memperbaiki sel-sel kulit sehingga akan meningkatkan elastisitas kulit kamu. Hal ini tentu saja akan membuat kulit tetap halus dan tidak cepat tua. Selain itu minum air hangat juga bisa mencegah timbulnya jerawat, karena seperti yang dijelaskan sebelumnya, yaitu manfaat air hangat bisa mengeluarkan racun atau detoksifikasi maka jerawat tidak akan mudah muncul.

5.  Membuat Rambut lebih sehat

Jika kamu mendambakan memiliki rambut yang halus dan bercahaya, cobalah untuk minum air hangat setiap harinya. Air hangat akan membuat akar-akar rambut aktif dan mengembalikan vitalitas alami rambut. Selain itu air hangat dapat membantu pertumbuhan rambut serta mencegah ketombe.

6. Memperlancar sirkulasi darah

Air hangat dapat melancarkan sirkulasi darah, sehingga sistem syarat kamu bisa tetap sehat. Dengan begitu kamu akan lebih bersemangat dan tidak mudah sakit.

7. Memperlancar BAB

Jika kamu memiliki masalah BAB yang tidak lancar, cobalah untuk minum segelas air hangat setiap paginya. Dengan begini sisa-sisa makanan akan lebih mudah keluar dan BAB kamu akan menjadi lebih lancar.

(polahidupsehat.web.id)
(soktau.com)

Baca juga: Kamu Sering Gak Minum Es Teh Manis Saat Makan? Ternyata Berbahaya Buat Kesehatan Lho Bila Terlalu Sering di Konsumsi, Lihat Yuk Kenapa?

Lihat ini juga: Perut Kamu Buncit? Kempeskan Dengan Ramuan Ini, Hanya Beberapa Hari Sudah Terlihat Hasilnya

Bagikan ke temanmu ya!

Tempat Comments Sahabat HIPVIE :

comments

Today view: 4 - Total View: 2323