7 Manfaat Sayuran bagi Kesehatan

7 Manfaat Sayuran bagi Kesehatan

7 Manfaat Sayuran bagi Kesehatan. Alasan anak kecil tidak gemar mengkonsumsi sayuran ternyata karena rasa dari sayuran yang cenderung hambar. Walaupun sudah ditambah bumbu, belum tentu akan membuat rasa sayuran senikmat mengkonsumsi ayam goreng.


7 Manfaat Sayuran bagi Kesehatan

Tidak hanya anak kecil, orang dewasa pun masih ada yang mencoba menghindari mengkonsumsi sayuran. Padahal berbagai manfaat dari sayuran bagi kesehatan jelas ada di dalam sayuran seperti yang juga dijelaskan pada artikel carakhasiatmanfaat.com.

Jadi, ajaklah keluarga Anda untuk gemar mengkonsumsi sayuran. Sebagai program dalam pola hidup sehat keluarga, sayuran harus selalu dihidangkan setiap hari. Jika Anda sayang dengan keluarga Anda maka jangan ragu untuk mengolah sayur dengan ragam menu masakan yang berbeda setiap hari. Dengan begitu keluarga Anda tidak akan bosan mengkonsumsi sayuran.

Berikut manfaat sayuran bagi kesehatan

1. Membuat tubuh lebih sehat

Bagi anak-anak, mengkonsumsi sayuran dapat membuat tubuh lebih sehat. Mulai dari perkembangan dan pertumbuhan anak akan berjalan dengan normal. Itu dikarenakan sumber gizi mereka terpenuhi. Di dalam sayur terdapat vitamin dan mineral sebagai gizi utama penunjang dalam kesehatan tubuh.

2. Sayuran untuk kesehatan mata

Anak yang gemar mengkonsumsi sayuran maka mata akan terlihat jernih dan tidak mudah sakit. Lihat saja saat ini, anak yang masih berusia sepuluh tahun sudah ada yang memakai kacamata. Tentu itu juga karena orangtua tidak membiasakan si anak untuk gemar mengkonsumsi sayuran.

3. Sayuran untuk diet sehat

Jika sayur tidak penting maka tidak akan masuk dalam kategori pilihan makanan cara diet sehat. Sayuran paling dominan sebagai menu masakan dalam diet. Karena akan cepat menurunkan berat badan tanpa risiko. Tubuh juga akan tetap sehat walaupun berat badan diturunkan.

4. Sayuran membuat kulit tampak sehat

Manfaat sayuran yang lain adalah membuat kulit tampak sehat. Jika Anda termasuk yang memiliki jenis kulit kentang maka biasakan diri untuk mengkonsumsi sayuran. Jenis kulit kentang akan rentan gatal, luka, dan bersisik. Semakin jarang mengkonsumsi sayuran maka kulit akan tampak semakin tidak sehat. Coba lihat orang di sekeliling Anda. Jika memiliki kulit yang luka dan tidak sehat maka dapat dipastikan orang tersebut tidak gemar mengkonsumsi sayuran.

5. Sayuran untuk kesehatan tulang

Sayuran juga memiliki manfaat untuk kesehatan tulang. Mengapa, karena di dalam sayuran juga terdapat sumber kalsium. Seperti batang sayuran brokoli mengandung sumber kalsium yang cukup tinggi. Dengan Anda mengolah brokoli dalam sup maka keluarga akan tercukupi kebutuhan kalsium mereka melalui sayuran.

6. Sayuran sebagai bentuk protein diet

Mengkonsumsi sayuran juga sebagai bentuk protein diet. Jika Anda melakukan diet gizi makro tersebut maka tetap seimbangkan dengan konsumsi sayuran. Sebab di dalam sayuran juga terdapat sumber protein walaupun jumlahnya lebih sedikit.

7. Sayuran mencegah penyakit diabetes

Manfaat lain yang ada dengan mengkonsumsi sayuran adalah berkaitan dengan diabetes. Jika tidak ingin menderita diabetes maka konsumsilah sayur. Jika sudah menderita diabetes maka lakukan diabetes diet dengan konsumsi lebih banyak sayuran. Dengan konsumsi sehat dari sumber gizi mikro sayuran maka kesahatan tubuh selalu terjaga dengan baik.

Baca: Makanan Sehat dengan Vitamin Lengkap

Foto: healthbeckon.com

Please help share this

Update terakhir : 4 April 2018