Manfaat Serat Bagi Kesehatan

Sekian lama sudah tidak pernah lagi update artikel kesehatan di website hipvie.com dan sekarang sedang memulai update seputar kesehatan dan semoga bermanfaat bagi para pembaca hipvie.com. Berikut ini, saya menulis tentang manfaat serat bagi kesehatan kita.

Serat merupakan karbohidrat kompleks yang tidak dapat dihancurkan tubuh dan tidak menambah kalori pada tubuh. Itulah mengapa serat sangat dianjurkan dokter bagi seseorang yang sedang menjalani diet, penderita kolesterol, sampai penderita diabetes. Bagi penderita diabetes sendiri, serat sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena baik untuk mengontrol gula darah. Diabetes mengharuskan penderitanya membiasakan pola hidup sehat. Mengatur pola makan atau diabetes diet menjadi hal yang sangat penting bagi penderitanya. Namun pola hidup sehat juga harus diterapkan untuk semua orang dan diimbangi dengan makanan dan minuman sehat.

Karbohidrat adalah nutrisi yang paling berpengaruh dalam meningkatnya gula darah penderita diabetes dan serat merupakan salah satu jenis diabetes. Tapi serat tidak akan meningkatkan kadar gula darah bagi penderitanya. Serat mempunyai peranan yang sangat penting bagi proses pencernaan manusia, tidak hanya bagi penderita diabetes. Tapi bagi penderita diabetes, serat malah akan membantu mengontrol kadar glukosa dalam darah. Serat akan membuat seseorang merasa kenyang sehingga akan mencegah rasa lapar dan makan lebih sedikit sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan berat badan Anda. Seseorang yang sedang menjalankan diabetes diet lebih baik mengkonsumsi makanan bervitamin seperti buah, sayuran, kacang dan biji-bijian, roti gandum, sereal, dan lain-lain.

Serat juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus dan melancarkan sistem pencernaan. Masalah susah buang air besar seringkali disebabkan karena kurangnya asupan serat. Serat juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Serat yang digunakan bijak akan menjadi salah satu cara diet sehat yang bermanfaat menjaga berat badan bahkan menurunkan berat badan Anda. Serat juga dipercaya mampu memperpanjang usia. Dengan mengkonsumsi 14 gram/ 1000 kalori akan meningkatkan kesempatan hidup selama 9 tahun lebih lama dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi serat setiap hari. Serat juga bisa digunakan untuk mencegah penyakit diabetes. Makanan berserat sudah banyak diketahui bahwa bisa menyerap kadar gula dalam darah dengan baik. Oleh karena itu mereka yang mengkonsumsi serat setiap hari akan membantu menurunkan resiko penyakit diabetes dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi serat setiap hari. Dengan mengkonsumsi serat, penderita diabetes telah melakukan diabetes diet karena hanya mengkonsumsi beberapa makanan tertentu termasuk makanan yang berserat. Bagi Anda yang menderita diabetes, Anda harus membatasi konsumsi nasi putih, alkohol, soda, dan makanan yang mengandung pemanis berlebihan. Lebih baik Anda mengkonsumsi nasi merah, sereal, gandum, dan makanan yang mengandung serat tinggi.

Asupan serat dapat Anda tambahkan dengan mengkonsumsi makanan dan minuman sehat seperti buah-buahan, sayuran dan air putih. Bagi Anda yang menginginkan kandungan serat yang tinggi dari buah, sebaiknya buah tersebut tidak di jus. Namun jika Anda menginginkan buah-buahan yang berbentuk cair atau minuman, Anda bisa membuatnya menjadi minuman smoothies yang terdiri dari buah, gula, susu tawar, es batu. Jika Anda yang sedang diet, Anda bisa menambahkan yoghurt untuk meningkatkan protein diet Anda.

*Artikel copyright of HIPVIE
*FOTO: copyright of gntfiber.com


Bagikan ke temanmu ya!

Tempat Comments Sahabat HIPVIE :

comments

Today view: 30 - Total View: 364
One comment

Comments are closed.