Pilihan Tepat Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes

HIPVIE.COM – Diabates sudah seringkali menjadi perbincangan. Diabetes merupakan penyakit metabolik (Lihat di wikipedia.org pengertian penyakit metabolik) yang menyebabkan seseorang mempunyai kadar gula darah yang sangat tinggi. Sekitar 380 juta orang didunia ini mengidap penyakit diabetes, atau bahkan lebih (Baca: Diabetes Penyakit Yang Tidak Ditemukan Obatnya Dalam Dunia Kedokteran Tapi Kamu Dapat Mencegahnya Lewat Pola Hidup Sehat Ini). Dan angka ini terus bertambah tiap tahunnya. Walaupun belum ada obat yang bisa menyembuhkan diabetes, namun ada cara lain untuk tetap menjaga kadar gula penderita diabetes dengan membiasakan pola hidup sehat (Lihat: Satu Lagi Pola Hidup Sehat Bagi Penderita Diabetes) dan melakukan diabetes diet.

Dengan melakukan diabetes diet, artinya Anda melakukan cara diet sehat dengan memilih makanan dan minuman sehat untuk dikonsumsi. Berikut adalah beberapa makanan bervitamin yang perlu diketahui oleh penderita diabetes agar bisa mengelola penyakit yang diderita dengan baik.

Bayam
Sayuran berwarna hijau mampu mengurangi diabetes sebesar 14 % jika dijadikan menu diabetes diet bagi penderitanya. Sifat sayuran yang rendah karbohidrat dan kalori serta mengandung anti oksidan tinggi membuatnya bisa mengurangi penyakit ini. Selain bayam, Anda juga bisa mengkonsumsi selada, brokoli dan sayuran hijau lainnya. (Lihat juga: Sobat Hipvie, Sayuran itu sangat penting bagi kesehatan, Yuk Bersahabat Dengan Berbagai Manfaat Dari Sayuran)

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan mengandung serta tinggi yang penting untuk penyerapan glukosa dalam darah. Kacang-kacangan juga mampu menurunkan resiko stroke dan melepaskan insulin tubuh sehingga baik dikonsumsi untuk penderita diabetes.

Ikan
Ikan mempunyai kandungan protein dan omega tinggi sehingga bisa Anda gunakan untuk menambah protein diet Anda. Omega 3 yang terkandung pada ikan salmon, ikan haring mampu mencegah diabetes dan mengurangi resiko penyakit diabetes bagi Anda yang sudah menderitanya. Kandungan protein dan omega 3 akan memperlambat penyerapan karbohidrat sehingga sangat membantu menjaga gula darah Anda agar tetap aman.

Oatmeal
Oatmeal dapat membantu mencegah penyerapan karbohidrat sehingga mampu menjaga kadar gula tetap aman. Selain itu, oatmeal juga mengandung serat larut yang bisa membantu mengurangi rasa lapar. Oatmeal juga bisa menurunkan resiko kolesterol dan penyakit jantung yang bisa membahayakan bagi penderita diabetes.

Minyak Zaitun
Mengganti minyak yang biasanya Anda gunakan dengan minyak zaitun mampu mengurangi penyakit diabetes sebesar 50 %. Minyak zaitun juga mengandung antioksidan tinggi dan lemak jenuh tunggal yang berkhasiat untuk mengurangi kolesterol dan penyakit jantung yang menderita diabetes.

Tomat
Tomat mengandung antioksidan, flavonoid, karotenoid yang tingggi untuk menurunkan resiko penyakit jantung, kolesterol dan penyakit lainnya penyebab diabetes. Tomat juga bisa mengontrol kadar gula darah Anda agar tetap stabil karena tidak mengandung tepung.

Yoghurt Bebas Lemak
Yoghurt mengandung protein yang sangat tinggi, rendah karbohidrat serta rendah lemak yang tidak akan menambah glukosa dalam darah Anda. Kalsium yang terkandung dalam yoghurt juga telah terbukti memiliki resiko rendah bagi penderita diabetes. Yoghurt bebas lemak telah terbukti untuk membantu mengurangi resiko penyakit diabetes. Anda bisa memilih makanan dan minuman sehat diatas untuk dimasukkan dalam daftar menu diabetes diet Anda. (Baca juga: Agar Diet Kamu Berhasil, Kamu Musti Praktek Cara-cara ini dan Perhatikan Juga Pola Makan Sehat Kamu, Simak Yuk!)

Lihat ini yuk: Satu Lagi Pola Hidup Sehat Bagi Penderita Diabetes
Mungkin kamu suka ini: Sering Mengalami Sakit Pinggang? Coba Ramuan Herbal Ini

FOTO: copyright of klimg.com
*Article copyright of hipvie.com


Bagikan ke temanmu ya!

Tempat Comments Sahabat HIPVIE :

comments

Today view: 1 - Total View: 714