Pola Hidup Sehat: Diet Usia Empat Puluh Tahun

HIPVIE.COM – Usia 40 tahun adalah masa-masa ketika seseorang mulai merasakan gejala penuaan tubuh. Jika tidak diimbangi dengan pola hidup sehat, berbagai ancaman penyakit akan menyerang. Beberapa gejalanya adalah tekanan darah yang mudah meningkat, tulang dan sendi yang mudah nyeri, dan rasa mudah capek atau mengantuk. Pola hidup yang sehat bisa dijalani dengan cara mudah dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya.

Makanan Sehat di Usia 40-an

Pemilihan makanan merupakan bagian dari cara diet sehat yang bisa Anda terapkan saat menginjak usia kepala empat. Nah, salah satu pilihannya adalah beras merah yang bisa digunakan sebagai pengganti beras biasa (Boleh dibaca manfaat beras merah pada website manfaat.co.id). Beras merah mengandung serat dan zat besi yang masih lengkap serta vitamin B, B1, dan B6 yang sangat berguna sebagai asupan energi.

Konsumsi bayam juga sangat dianjurkan bagi orang yang sudah memasuki usia 40-an. Sama halnya dengan protein diet dari tahu atau tempe sebagai sumber energi lain. Bayam juga sangat penting untuk melindungi fungsi organ mata penglihatan dan mencegah katarak.

Penyakit diabetes juga sering diderita oleh orang berusia 40-an sehingga perlu pengelolaan gula darah yang tepat (Baca: Hidup Sehat Penderita Diabetes). Cara diabetes diet bisa dikonsultasikan dengan dokter. Intinya adalah menjaga tekanan darah dan menggantinya dengan sumber makanan yang lebih sehat. Konsumsi ikan laut juga sangat disarankan karena mengandung DHA dan EPA untuk mencegah tekanan darah tinggi. Konsumsi ikan juga bisa mencegah rasa nyeri dan sakit pada tulang atau persendian. Dan konsumsi ikan juga lebih dianjurkan daripada menyantap daging lainnya dengan kandungan lemak yang cenderung tinggi.

Pentingnya Air Putih

Seiring pertambahan usia, Anda akan semakin sadar tentang pentingnya air putih (Baca: Pola Hidup Sehat Dengan Air Putih). Mengkonsumsi air putih merupakan syarat mutlak untuk mencapai kesehatan optimal. Awali hari Anda dengan minum air putih setidaknya dua takaran gelas. Air putih juga berfungsi sebagai detox alami dan selalu menjaga kebugaran tubuh. Dari pada meminum minuman energi, air putih jauh lebih bagus kualitasnya. Pastikan juga untuk selalu menyediakan makanan bervitamin seperti buah-buahan segar. Vitamin akan membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh dan menjaga kulit tetap awet muda. (Baca: Awet Muda dengan Pola Hidup Sehat)

Kombinasi lain dari olahraga dan waktu istirahat akan semakin menyempurnakan program diet di usia40-an. Anda tentu sudah memahami beberapa tipe makanan dan minuman sehat. Tapi Anda masih butuh beberapa langkah konkrit untuk mewujudkan kesehatan dan kebugaran alami. Pola makan yang teratur dan sehat harus diimbangi dengan aktivitas fisik yang akan selalu melatih kebugaran tubuh. Sementara itu, waktu tidur yang cukup akan membantu proses metabolisme dan peremajaan kulit. Jangan sampai pikiran Anda terlalu stres sehingga menyebabkan pengaruh buruk bagi kesehatan. Ubahlah gaya hidup Anda menjadi lebih baik seiring dengan pertambahan usia.

Baca juga: Awet Muda dengan Pola Hidup Sehat

*Foto: copyright duniafitnes.com
*Article copyright of hipvie.com

Bagikan ke temanmu ya!

Tempat Comments Sahabat HIPVIE :

comments

Today view: 2 - Total View: 1224