Satu Lagi Pola Hidup Sehat Bagi Penderita Diabetes

HIPVIE.COM – Tentu kita sangat senang jika mempunyai badan sehat karena tidak harus menghindari banyak pantangan makanan. Namun jadwal yang terlalu padat bisa membuat jadwal kita kacau balau termasuk jadwal olahraga (Baca juga: Pola Hidup Sehat: Diet Usia Empat Puluh Tahun). Jarangnya berolahraga bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Salah satunya yakni diabetes atau penyakit kencing manis.

Penderita diabetes harus membiasakan pola hidup sehat serta makanan dan minuman sehat yang boleh dikonsumsi. Dengan mengetahui hal tersebut, penderita diabetes berarti secara tidak langsung telah melakukan diabetes diet (Baca: Coba Tips Pola Hidup Sehat Ini Yuk Bagi Kamu yang Menjalani Program Diabetes Diet). Diabates diet sebenarnya tidak untuk menyusahkan anda. Jenis diabetes diet juga ada bermacam-macam.

Kebanyakan dokter menyarankan agar tidak mengkonsumsi karbohidrat terlalu banyak karena karbohidrat mengandung banyak gula, sedangkan penderita diabetes dilarang untuk mengkonsumsi gula secara berlebih. Bagi anda yang ingin terhindar dari gula darah yang tinggi, anda harus mau mengganti nasi dan roti dengan alternatif makanan yang lain (Baca: Yuk Kita Kenali Tips Makanan Sehat Dengan Vitamin Lengkap). Anda bisa melakukan diabetes diet dengan diet rendah karbohidrat. Diet ini bisa dilakukan dengan mengurangi konsumsi karbohidrat dan meningkatkan protein diet.

Diet ini akan berjalan baik dengan mengukur kalori yang terkandung dalamĀ  makanan. Karbohidrat sendiri dibagi menjadi dua yakni karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana hanya mempunyai satu glukosa. Sedangkan karbohidrat komplek mempunyai rantai karbohidrat lebih dari satu. Yang harus anda hindari adalah karbohidrat sederhana dengan mengurangi makanan atau minuman yang mengandung gula pasir, manisan, coklat, permen, es krim, dan lain lain. Anda bisa menggantinya dengan makanan bervitamin seperti buah dan sayur segar seperti kacang, dan makanan yang mengandung serta tinggi lainnya (Lihat: Biar Tubuh Kamu Selalu Sehat, Yuk Jangan Lupa Konsumsi Buah-buahan Seger).

Cara diet sehat selanjutnya yakni dengan diet A dan diet B. Perbedaan nya yaitu dari kandungan karbohidrat yang digunakan. Diet B dirasa lebih cocok digunakan di Indonesia. Selain karena kandungan karbohidratnya lebih tinggi, tapi juga dilengkapi dengan serat yang tinggi pula. Diet B bisa memperbaiki sel pankreas. Serat yang tinggi mamp mengurangi kadar glukosa dan kolesterol dari dalam tubuh. Diet B lebih mudah dijalankan karena anda bebas memilih sayuran dan buah yang akan anda konsumsi namun dengan syarat tidak mengandung rasa manis yang berlebihan. Contohnya seperti apel, jeruk, mengkudu, tomat, kangkung, bayam, dan lainnya.

Dengan membiasakan pola hidup sehat, anda akan lebih cepat untuk sembuh dari penyakit anda. Namun jika anda telah sembuh dari penyakit diabetes, ada baiknya anda masih mengontrol makanan yang anda konsumsi dan membatasi makanan yang tidak sehat. Anda yang sudah berkeluarga dan mempunyai anak, ada baiknya anak-anak anda tidak dibiasakan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman manis secara berlebihan. Anda juga bisa menyarankan mereka untuk melakukan diabetes diet bersama anda. Jadi anda bisa terbebas dari rasa khawatir akan terkena resiko diabetes.

Yuk! Baca ini juga: Suka Minum Teh? Ternyata Bekas Teh Celup Sangat Bermanfaat, Lihat Yuk!

FOTO: copyright of klimg.com
*Article copyright of hipvie.com

Bagikan ke temanmu ya!

Tempat Comments Sahabat HIPVIE :

comments

Today view: 4 - Total View: 827
One comment

Comments are closed.