Ternyata Pola Hidup Sehat itu tidak susah kog, Yuk, Coba Lakukan 3 Pola Hidup Sehat Dasar Sederhana Ini

HIPVIE.COM – Sebagai manusia, hidup sehat adalah kebutuhan utama. Apalah artinya uang mengalir tanpa henti tetapi kesehatan terganggu dan hanya bisa berbaring di tempat tidur. Untuk tetap menjaga kesehatan, kita haruslah terbiasa menjalani pola hidup sehat dasar yang sederhana sedari kecil. Bahkan para orang tua pun juga disarankan untuk mengajari putra putri kecil mereka bagaimana pola hidup sehat yang benar.

Banyak pakar-pakar kesehatan di era modern ini yang mengkampanyekan bagaimana pola hidup sehat. Mulai dari bagaimana memilih makanan, cukup istirahat, tidak merokok, tidak meminum alkohol dan yang lainnya. Tentunya mereka mengumumkan bagaimana cara pola hidup sehat tersebut setelah melakukan penelitian panjang. Tahukah kamu bahwa berbagai cara pola hidup sehat itu dilakukan berdasarkan manfaat yang memberikan respon baik untuk tubuh kita.

Makanan adalah kebutuhan pokok manusia. Tetapi makanan bisa bermanfaat dan juga bisa sebagai sebab timbulnya masalah kesehatan. Maka dari itu kita harus benar-benar selektif memilih makanan. Pilihlah makanan yang sebisa mungkin tidak mengandung pewarna, pengawet dan penyebab. Terkadang 3 hal ini masih banyak disepelekan oleh banyak orang. Faktanya, ketika kita mengkonsumsi makanan tersebut, efeknya memang tak langsung kita rasakan saat itu juga. Tetapi 5-10 tahun lagi barulah kita mengalami masalah-masalah yang tanpa kita sadari akibat dari kita tidak selektif memilih makanan.

  • Menjaga Kebersihan Diri Dan lingkungan

Pola hidup sehat yang kedua adalah menjaga kebersihan. Menjaga kebersihan memang tampak sederhana, tetapi sayangnya belum banyak orang yang mampu menerapkan hidup bersih. Mereka menganggap kebersihan adalah tugas pembantu, tukang sampah, pemerintah sehingga tak turut membantu menjaga kebersihan. Padahal menjaga kebersihan diawali dari diri dan lingkungan sendiri. Jika setiap orang mampu menjaga kebersihan diri dan lingkungan hanya disekitarnya masing-masing, pasti secara tidak langsung lingkungan akan bersih secara keseluruhan.

Penyakit berkembang di tempat yang kotor dan lembab seperti yang ada pada artikel deherba.com. Itulah sebabnya status kesehatan masyarakat Indonesia masih jauh dari baik. Karena masih banyak tempat-tempat pemukiman penduduk di Indonesia yang kotor dan lembab.

  • Tidur Cukup

Dahulu, banyak yang memberitakan bahwa waktu tidur yang baik adalah tidak lebih dari 8 jam sehari. Nah, telah muncul penelitian baru di California yang menyimpulkan bahwa orang yang terbiasa tidur 8 jam perhari memiliki resiko kematian lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang tidur 6-7 jam perhari (Kamu boleh baca artikel pada id.theasianparent.com) Tidur cukup, tidak kurang dan tidak lebih adalah pola hidup sehat yang menjadi kunci hidup sehat. Tidur yang terlalu singkat menyebabkan tubuh kurang istirahat sehingga tekanan darah akan meningkat karena otot dan syaraf-syaraf yang tegang tidak dirilekskan. Sedangkan tidur yang terlalu panjang akan membuat tekanan darah drop hingga menurun karena kurangnya aktifitas dan peregangan otot.

Masih banyak pola hidup sehat yang bisa kita lakukan. Tetapi merujuk pada 3 pola hidup sehat diatas, sudah merupakan dasar mengembangkan pola hidup sehat yang lainnya. Yang jelas intinya, makan yang sehat dan teratur, menjaga kebersihan dan cukup istirahat. Simpel sekali bukan? Mari sama-sama kita biasakan menjalani pola hidup sehat dasar yang sederhana agar status kesehatan meningkat tanpa harus menghabiskan uang banyak untuk berobat.

Yuk guys, coba baca ini Sobat Hipvie, Sayuran itu sangat penting bagi kesehatan, Yuk Bersahabat Dengan Berbagai Manfaat Dari Sayuran

*Image credit: aktual.me
*Article copyright of hipvie.com

Bagikan ke temanmu ya!

Tempat Comments Sahabat HIPVIE :

comments

Today view: 4 - Total View: 1124