Tolonglah Jangan Buang Sampah Sembarangan, Kalau Makan Permen, Kerupuk, Pakai Tissue, Buanglah Bungkusnya di Tempat Sampah, Jangan di Jalanan, Jangan Kurang Ajar!

HIPVIE.COM – Saya rasa hal membuang sampah pada tempatnya adalah masalah sederhana. Lalu kenapa sering membuang sampah sembarangan? Ini masalah SDM nya. Kurangnya kesadaran akan kebersihan dan lebih tepatnya tidak peduli akan kebersihan membuat manusia yang KURANG AJAR selalu membuang sampah sembarangan, membuang sampah dijalanan, membuang sampah di angkot, membuang sampah di bis, membuang sampah di toilet, membuat sampah dikamar, membuat sampah dipekarangan, membuang sampah dilift, membuang sampah ditempat-tempat umum bahkan membuang sampah diotaknya sendiri.

Saya muak dengan orang yang begitu gampangnya membuang sampah sembarangan. Tidak satu atau dua kali saya temukan orang yang membuang sampah sembarangan. Saat minum teh gelas, aqua gelas langsung saja dibuang dijalanan. Apa otaknya sudah tumpul kali sehingga kesadaran akan kebersihan sudah hilang dari otak orang tersebut. Saat makan permen atau jajanan langsung dibuang dijalanan dengan sembarangan. Ini bukan berbicara untuk anak kecil tapi yang sering saya temuin adalah orang dewasa bahkan orang tua.

Melihat berita di MetroTV (hari ini 16 Nopember 2015) dimana banjir sudah melanda beberapa tempat di ibukota dan salah satu yang saya lihat didalam berita tersebut menumpuknya SAMPAH yang dimana adalah kesalahan manusia sendiri. Ayolah punya kesadaran akan kebersihan khususnya hal paling sederhanan yaitu membuang sampah pada tempatnya.

Begitu indahnya jika lingkungan kita bersih dan bebas dari sampah. Tidak hanya terlihat indah tetapi akan berdampak baik untuk kesehatan semua orang dengan lingkungan yang bersih.

Semua ini bisa terjadi apabila kita mulai dari diri kita sendiri. Ingatlah kapan kita terakhir membuang sampah sembarangan. Mulailah menjaga lingkungan kita bersih.

Hal yang paling sederhana adalah saat makan roti dijalanan, buanglah plastik atau bungkusnya di tempat sampah, atau jika tidak ada tempat sampah, masukkanlah ke kantong untuk sementara. Aparuginya jika kita kantongin hanya sesaat saja habis itu buang di tong sampah. Begitu juga dengan tissue, bungkus permen, jika tidak ada tempat sampah saat itu, tarohlah dulu di kantong atau ditas. Jangan membuangnya di sembarang tempat, itu akan mengotori lingkungan. Pokoknya mulailah hal terkecil dari diri sendiri.

Dengan cara ini pasti kita dan generasi kita memiliki rasa kesadaran akan kebersihan sehingga lingkungan dimana kita tinggal selalu bersih.

*FOTO: (uf.cari.com.my, terbitsport.com)

*Tulisan HIPVE.COM


Bagikan ke temanmu ya!

Tempat Comments Sahabat HIPVIE :

comments

Today view: 1 - Total View: 1719