Yuk Kita Kenali Risiko Konsumsi Daging Berlebihan dan Pastikan Kamu Menyantap Daging Aman dan Sehat

HIPVIE.COM – Sahabat HIPVIE, daging merupakan salah satu sumber makanan yang penting untuk pola hidup sehat. Sayangnya, kebanyakan orang menyantapnya dalam porsi berlebihan sehingga berpengaruh buruk bagi kesehatan. Di sisi lain, semakin banyak orang yang menaruh curiga pada daging dan sering menyalahkannya sebagai penyebab berbagai penyakit. Padahal sumber makanan ini merupakan pemasok protein yang sangat berkualitas bagi tubuh. Sebenarnya kita butuh pengelolaan keseimbangan dari asupan daging supaya tidak mengalami risiko kesehatan.

Mengenali Risiko Konsumsi Daging Berlebihan
Daging sebenarnya masuk dalam cara diet sehat (Baca juga: Aku Mau Diet Sehat Aja, Pasti dong !, Ini Sist Cara Diet Sehat yang Bisa Kamu Lakukan), tetapi harus dalam porsi yang tepat. Risiko mengonsumsi daging berlebihan sering terlihat pada penambahan berat badan. Tapi ada bahaya lain yang mengancam di baliknya. Salah satunya adalah osteoporosis. Pertambahan asam dalam darah menyebabkan kinerja tulang menjadi lebih berat. Akibatnya kalsium semakin berkurang dan tulang mudah keropos.

Daging juga berfungsi sebagai protein diet. Meskipun harus cermat dalam memilih. Kalau tidak, asupan nutrisi dan oksigen bisa terhambat dan menyebabkan penuaan dini. Konsumsi daging berlebihan juga berisiko pada kegagalan fungsi organ-organ lain dalam tubuh seperti jantung dan ginjal. Oleh karena itu, disarankan untuk selalu mengecek tekanan darah dan berat badan untuk mengatur pola konsumsi daging yang ideal.

Bagi para penderita diabetes, konsumsi daging bisa sangat dilarang. Itulah mengapa diabetes diet selalu membatasi pada makanan atau minuman tertentu. Karena risiko menyantap daging pada penderita diabetes akan sangat berbahaya. Sementara itu, ancaman lain seperti stroke juga bisa terjadi sewaktu-waktu. Hal itu disebabkan oleh aliran darah yang terganggu sebagai akibat dari pengentalan lemak jenuh di dalam tubuh.

Menyantap Daging Aman dan Sehat
Lalu, sedemikian berbahayakah daging bagi tubuh kita? Sebetulnya tidak selama mampu menjaga kebiasaan hidup yang lebih sehat. Apalagi jika diimbangi dengan makanan bergizi dan olahraga teratur. Fungsi dasar daging adalah sebagai sumber tenaga dalam tubuh. Sehingga kamu sebaiknya memanfaatkannya dengan tepat. Sementara itu, pastikanlah kalau kamu juga menyantap makanan bervitamin seperti sayuran dan buah (Baca ini yuk: Sobat Hipvie, Sayuran itu sangat penting bagi kesehatan, Yuk Bersahabat Dengan Berbagai Manfaat Dari Sayuran). Dengan menyeimbangkan menu makanan, kamu bisa terhindar dari risiko penyakit berbahaya.

Daging merupakan pilihan penting seperti halnya kamu mencari makanan dan minuman sehat. Setidaknya kamu bisa menyantap seminggu sekali, atau lebih kalau mampu menjaga pola makanan sehat. Toh, banyak sekali resep makanan lezat yang bersumber dari daging dan bisa disantap bersama keluarga. Meskipun demikian, berhati-hatilah dalam menyantap daging dan telitilah memilih bahan daging sebelum memasak. Lebih baik lagi kalau daging diolah dalam bentuk rebusan dan menghindarkan campuran minyak atau bahan gorengan lainnya. Disarankan untuk selalu mengecek kualitas daging sebelum diolah menjadi bahan makanan tertentu. Cuci sebersih mungkin dan hindari daging yang telah berusia lama.

*FOTO: feednavigator.com
*Artikel copyright of HIPVIE.COM

Bagikan ke temanmu ya!

Tempat Comments Sahabat HIPVIE :

comments

Today view: 1 - Total View: 1021