Trik SEO di trikseo.pro

Cara cek dead link website bisnis

Cara Cek Dead Link Website

   4 Februari 2019

Apa itu dead link? Dead link itu bahasa sederhananya adalah link (tautan) yang terputus (tidak dapat ditemukan) di dalam sebuah website. Lalu bagaimana cara cek dead link website? Sangat mudah, mari kita lihat selengkapnya.

Cara Cek Dead Link Website

Dead link biasanya ada pada internal link maupun eksternal link seperti link yang kita pasang sebagai referensi ketika kita membuat sebuah artikel di dalam website atau blog. Sedangkan internal link biasanya link-link yang kita tautkan antara artikel satu dengan yang lain.

Seringkali terjadi ketika kita menautkan link di dalam website, tanpa kita sadari, link tersebut tidak dapat ditemukan entah kita mengganti permalink nya ataupun ketika kita memasang eksternal link, link tersebut terputus akibat domain yang sudah kadaluarsa mungkin, atau perubahan link yang dilakukan oleh pihak pemilik website tersebut.

Lalu apa dampaknya kalo dead link dibiarkan saja di website atau blog? Tujuan kita membuat website adalah (1) bagaimana supaya pengunjung suka dan tidak kecewa ketika mengunjungi sebuah link di dalam website kita, (2) agar mesin pencari Google suka akan performa website kita karena Google sangat tidak suka dengan link yang terputus (dead link).

Pastikan setiap link yang ada di dalam website kamu tidak sedang terputus (dead link), jika memang ada beberapa dead link, segeralah perbaiki. Lalu bagaimana cara cek dead link website atau blog?

1# Menggunakan tool (dead link checker)

Website yang sering saya gunakan untuk melakukan pengecekan terhadap dead link di website atau blog saya adalah website dead link checker (deadlinkchecker.com/website-dead-link-checker.asp). Buka situs tersebut, lalu masukkan nama domain kamu lalu klik cek;

Cara cek dead link website cara1

2# Tunggu sampai semua prosesnya selesai

Tool tersebut akan melakukan pengecekan terhadap semua link di dalam website/blog kamu. Bila ditemukan dead link (tautan terputus) maka akan ada keterangan tinggal mengikuti saja untuk diarahkan ke sumber postingan dimana dead link tersebut berada.

3# Lakukan pengecekan sekali lagi

Bila sudah ditemukan dead link tersebut dan sudah dilakukan perbaikan, pastikan melakukan pengecekan sekali lagi apakah masih ada yang tersisa atau tidak. Ceklah secara berkala karena kita tidak tahu apakah link (khususnya eksternal link) yang ada diwebsite kita terputus atau tidak agar berdampak baik di mata mesin pencari Google.

Baca juga 15+ Trik PHP dan CSS Blog WordPress

Updated: 4 Februari 2019

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *