Cara Diet Sehat dan Alami

Cara Diet Sehat dan Alami

Cara diet sehat dan alami? Pasti dong, baik wanita maupun pria selalu ingin hidup sehat. Meskipun tak semua orang dapat mewujudkan keinginannya itu. Salah satu unsur dalam hidup sehat adalah diet. Pengertian “Diet” adalah jumlah makanan yang dikonsumsi oleh seseorang atau organisme tertentu.


Cara Diet Sehat dan Alami

Diet, banyak dilakukan bagi mereka yang tak puas dengan bentuk tubuhnya. Misalnya mereka yang merasa terlalu gemuk. Masih banyak orang yang berpendapat bahwa diet itu hanya dilakukan oleh orang gemuk saja dan pasti mengurangi makan. Padahal bukan begitu konsep dan cara diet sehat yang sebenarnya.

Dalam arti sederhana, diet adalah jumlah makanan yang Anda konsumsi berdasarkan latar belakang dan tujuan Anda dalam mengkonsumsi makanan. Jadi, diet tak hanya terpacu pada pengurangan porsi makan. Diet mungkin bisa diartikan jumlah makanan tetapi bukan jumah banyaknya atau sedikitnya makanan. Melainkan jumlah kandungan gizi dalam makanan yang Anda konsumsi.

Diet juga dilakukan berdasarkan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin kurus, otomatis dietnya adalah mengurangi makanan berlemak, dsb. Jika Anda ingin gemuk otomatis menambah kadar kandungan gizinya, baik karbohidrat, protein, dsb. Begitu juga dengan orang yang mengalami sakit tertentu. Dietnya adalah mengatur kandungan gizi agar memberikan efek pada penyembuhan pasien tersebut.

Hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat diet:

1# Makanan

Ya, makanan adalah sasaran utama cara diet sehat dan alami yang benar. Intinya Anda harus benar-benar mengatur dan memilih makan yang sehat untuk Anda konsumsi. Makanan haruslah yang sesuai kebutuhan tubuh Anda, tidak kurang dan tidak berlebihan.

Makan yang teratur juga menjadi syarat cara diet sehat. Makan makanan yang bebas gula atau makanan yang kandungan gulanya rendah. Karena gula merupakan bahan dasar metabolisme dan energi kita. Jika kandungan gula terlalu tinggi, metabolisme menjadi tidak seimbang. Bisa menyebabkan kegemukan atau malah diabetes.

Makanan yang dikonsumsi harus benar-benar seimbang. Bagaimana makanan yang seimbang itu? Makanan yang seimbang adalah makan beraneka ragam dalam satu porsi dan memiliki kandungan yang lengkap. Dalam satu piring, usahakan lengkap karbohidratnya, vitamin, protein, dan lengkapi dengan kalsium serta mineral.

Jumlahnya juga tidak boleh lebih banyak salah satunya. Misalnya nasinya setumpuk tetapi hanya satu buah tempe dan sesendok sayur. Porsi yang baik adalah, nasi secukupnya, ditambah sayuran agak banyak, dan lauk dari sumber nabati dan hewani.

2# Berolahraga

Lagi-lagi olahraga merupakan hal yang sangat lekat dengan cara diet sehat dan alami. Olahraga yang teratur dapat melancarkan metabolismu tubuh dan membakar lemak jahat yang menumpuk di badan dan dikeluarkan melalui keringat.

3# Banyak Minum Air

Minum air putih dalam jumlah yang cukup. Juga merupakan cara diet sehat dan alami. Karena air adalah unsur utama yang dibutuhkan oleh tubuh. Air yang cukup membuat sirkulasi didalam tubuh menjadi seimbang. Dengan begitu kita bisa jauh dari penyakit dan tubuh menjadi sehat.

 

Foto: indianweb2.com

Please help share this

Update terakhir : 27 Februari 2018