Cara Hidup Tenang dan Bebas Hutang Dengan Mudah


Tidak bisa dipungkiri bahwa memiliki hidup yang damai ataupun tenang merupakan dambaan semua orang. Terutama jika kehidupan tersebut mulai terusik akibat adanya beban hutang. Lantas bagaimana cara hidup tenang dan juga mendapatkan tips untuk bebas dari hutang?

Cara Hidup Tenang dan Bebas Hutang Dengan Mudah
Ilustrasi via debt.com

Cara Hidup Tenang Tanpa Hutang

Banyak sekali kebutuhan dan juga tanggungan yang dimiliki oleh seseorang. Hal ini bisa mengakibatkan beberapa orang untuk ambil resiko berhutang. Meskipun mereka tahu akan sangat sulit membayarkannya. Dalam artikel berikut ini, ada beberapa tips yang dapat membantu kamu. Agar bisa dengan nyaman dan bisa mengelola finansial, sehingga terbebas dari berbagai tunggakan.


1. Sesuaikan Pengeluaran dengan Kemampuan

Hal pertama yang paling penting ketika memutuskan untuk memiliki hidup yang tenang. Hiduplah sesuai dengan kemampuan dan juga budget yang dimiliki. Mungkin terlihat mudah untuk dibicarakan namun pasalnya hal ini seringkali terjadi bagi banyak masyarakat Indonesia.

Mereka lebih memilih konsumtif dan menggunakan dana melebihi dari kemampuannya. Hal ini tentu saja menyebabkan kamu kesulitan, terutama saat membutuhkan dana dadakan. Misalnya saja ketika orangtua sakit, dana akibat kecelakaan motor atau mobil. Kamu tidak memiliki uang karena habis untuk pengeluaran yang dimiliki


2. Hutang Konsumtif

Sebenarnya berhutang tidak selalu salah, tetapi banyak masyarakat di Indonesia mungkin termasuk kamu, yang memanfaatkan utang untuk memenuhi kebutuhan konsumtif. Padahal kebutuhan konsumtif tidaklah menguntungkan di waktu ke depan, dan cenderung merugikan. Misalnya saja menggunakan kartu kredit untuk berbelanja ataupun makan di restoran.

Hal ini tentu menjadi salah satu kebiasaan yang sudah pasti mengganggu kehidupan kamu. Jika menggunakan hutang untuk kebutuhan yang menguntungkan, misalnya saja modal usaha yang diolah menjadi sebuah usaha. Mungkin bisa jadi orang tersebut bermanfaat. Namun bisa dihitung hanya 1% saja seseorang bisa memanfaatkan hutang dengan baik.

3. Andalkan Tabungan Dibanding Hutang

Selanjutnya agar mendapatkan hidup yang tenang dan terbebas dari hutang yaitu mencoba untuk menyisihkan uang. Walaupun nominalnya terlihat kecil dan sepele, ada berapa banyak orang yang menganggap bahwa menabung dengan uang 500 atau 1.000 merupakan sesuatu yang sia-sia.


Padahal jika dilakukan setiap hari dan konsisten selama 2 tahun misalnya. Hasilnya tentu akan sangat banyak dan bisa menjadi uang tambahan, ketika kamu butuh. Hal ini bisa menjadi cara hidup tenang yang mungkin tidak diaplikasikan oleh banyak orang.

4. Sabar dalam Membeli Keinginan

Terkadang kita menginginkan sebuah barang yang mungkin harganya sangat mahal dan membutuhkan usaha lebih untuk bisa membelinya. Jika kamu memang memutuskan untuk memiliki barang tersebut cobalah untuk menabung dan bersabar.

Karena seringkali keinginan ataupun emosi untuk membeli sebuah barang, padahal tahu tidak memiliki uang ataupun kemampuan yang sesuai menyebabkan banyak orang memutuskan untuk berhutang. Akhirnya terjebak pada hutang mereka sendiri. Jika sudah seperti itu keinginan mungkin terpenuhi, namun 7 hingga 10 bulan ke depan, kehidupan yang kamu miliki tidaklah tenang.

Selalu memikirkan hutang, adanya tagihan, atau bahkan kesulitan untuk membayar, akibat adanya tanggungan dan kebutuhan yang lain. Cobalah untuk bersabar dan bijaksana adalah membeli sebuah barang yang diinginkan.

Disiplin dalam Mengatur Finansial

Apabila kamu memutuskan untuk memiliki hidup tanpa hutang, gunakan cara mengolah finansial sesuai dengan kebutuhan dan juga keinginan. Terutama jika kamu memang memiliki pemasukan secara terbatas. Bukan hanya yang memiliki gaji kecil saja yang bisa memiliki hutang, namun gaji yang sudah puluhan juta-pun bisa saja memiliki hutang. Nyatanya cara hidup tenang dan bebas hutang bisa didapatkan jika kamu disiplin.

 

3 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *