Close
Social profiles

Cara Memilih Hosting untuk Website/Blog

Cara memilih hosting yang baik

Hosting ini diperuntukkan bagi kamu yang membangun website/blog berplatform wordpress. Oleh karenanya, kamu musti membeli sebuah hosting dan kita akan melihat cara memilih hosting yang baik untuk memulai sebuah blog/website.

Memilih hosting yang benar sangat penting untuk sebuah blog

Kalau kamu membuat blog dengan blogspot, maka kamu tidak perlu repot-repot membeli hosting karena itu sudah di host sama om Google.

Sangatlah penting untuk memilih sebuah hosting yang baik dalam memulai sebuah blog/website karena hosting ini sebagai tempat/space dimana data-data website kamu tersimpan dan bagaimana performa website kamu di jalankan.

Hosting lokal/luar negeri

Penyedia hosting sekarang ini sangat banyak baik itu lokal maupun luar negeri. Yang kita bahas disini adalah share hosting ya. Kamu bisa memilih apakah kamu beli hosting lokal (penyedia hosting dari Indonesia) maupun luar negeri (penyedia hosting di luar Indonesia).

Penyedia hosting lokal

Kalau kamu menelusuri via om Google, ada banyak sekali penyedia hosting dari Indonesia yang menawarkan kelebihan masing-masing. Beberapa diantara penyedia hosting lokal (meskipun sebenarnya adalah reseller) seperti:

  • Domainesia.com
  • IDWebshot.com
  • Rumahweb.com
  • Jagoanhosting.com
  • Dapurhosting.com
  • Masterweb.com

Dan masih banyak lagi penyedia hosting dari Indonesia.

Penyedia hosting luar negeri

Selain penyedia hosting lokal, kamu bisa menemukan banyak sekali hosting dari luar negeri yang bisa menjadi pilihan hosting buat website/blog kamu. Beberapa hosting luar negeri diantaranya adalah:

  • Bluehost.com
  • Godaddy.com
  • Interserver.net
  • Mochahost.com
  • Namecheap.com
  • Hawkhost.com
  • Hostgator.com

Dan masih ada ratusan penyedia hosting luar negeri yang tidak bisa kita sebutkan satu per satu.

Pertimbangan dalam memilih hosting

Ada beberapa pertimbangan orang-orang ketika memilih hosting baik itu hosting lokal maupun hosting luar negeri. Pertimbangan orang memilih hosting antara lain dari sisi:

Harga hosting

Harga sebuah hosting menjadi salah satu alasan orang ketika menentukan pilihan untuk website/blog. Harga hosting ini sangat bersaing antara hosting yang satu dengan yang lainnya.

Harga hosting dari Indonesia sendiri mulai dari kisaran Rp. 8000 per bulan hingga ratusan ribu per bulannya. Tentu, dengan harga murah maka fitur juga akan mengikuti. Sementara hosting luar negeri mulai dari $1 hingga puluhan dollar per bulannya.

Memang hosting luar negeri masih relatif mahal karena menggunakan mata uang dollar dimana $1 saja sudah Rp. 14.000,- an.

Kapasitas hosting

Kapasitas hosting juga menjadi alasan orang-orang menentukan pilihan terhadap hosting mana yang akan di gunakan untuk blog/website.

Kapasitas hosting juga sangat bervariasi mulai dari kapasitas 300 MB hingga berkapasitas unlimited (dengan persyaratan tertentu).

Tetapi pengalaman saya, kalau memang tujuan nge-blog kamu hanya untuk memuat tulisan dan gambar, maka kapasitas disini tidak akan menjadi masalah. Hosting berkapasitas 2 GB sangat cukup (suatu saat juga bisa di upgrade)

Kecepatan server

Nah, pertimbangan yang satu ini sering diabaikan oleh orang-orang padahal ini menjadi salah satu faktor SEO yang akan kita bahas pada blog ini.

Bandwidth hosting

Kebanyakan hosting baik itu lokal maupun luar negeri sudah menyediakan layanan bandwidth unlimited jadi tidak perlu kuatir lagi dengan bandwdith sebuah hosting untuk blog/website kamu.

Add on domain

Fitur add on domain pada sebuah hosting adalah ketika kamu bisa menambahkan lebih dari satu domain untuk hosting tersebut. Artinya, satu hosting, bisa memasukkan lebih dari satu domain (ada juga yang unlimited domain).

Memory RAM hosting

Share hosting juga menggunakan RAM. RAM ini sangat variatif tergantung dengan harga hosting yang akan kita pilih. RAM sebuah hosting mulai dari 500 MB, 1 GB, 2 GB, dst.

Mungkin masih banyak lagi pertimbangan lainnya ketika memilih sebuah hosting.

Cara memilih hosting yang baik untuk website/blog

Dari tadi kita banyak bicara ini itu, lalu bagaimana cara memilih hosting untuk website/blog kamu. Dari pengalaman saya, cara memilih hosting yang baik itu di antaranya adalah:

#Hosting lokal atau luar negeri

Supaya tidak bingung untuk step berikutnya, tentukan dulu apakah kamu berhosting dari penyedia hosting Indonesia atau luar negeri. Bila sudah kamu tentukan, Berikutnya adalah. . . .

#Kenali perusahaan penyedia hosting tersebut

Penyedia hosting baik itu lokal maupun luar negeri biasanya sudah dalam bentuk perusahaan (perseroan) atau dibawah naungan perusahaan. Sebagai contoh: Penyedia hosting godaddy.com (dari perusahaan: GoDaddy Operating Company, LLC), domainesia.com (dari perusahaan: PT Deneva), dsb.

Kenapa? Karena kamu sedang membangun sebuah blog/website untuk jangka panjang jadi tempat dimana kamu berhosting haruslah bonafit dan sudah jelas track record nya.

#Cari informasi review hosting

Cara mengetahui hosting terbaik yang akan kamu gunakan untuk website/blog adalah dengan cara mencari informasi review hosting yang akan kamu pilih baik itu lokal/luar negeri.

Ada banyak website yang menyediakan informasi review hosting sehingga para blogger tidak bingung dalam memilih hosting atau minimal mendapatkan gambaran hosting mana yang akan mereka pilih.

Website review hosting tersebut diantaranya adalah:

Review hosting lokal

Kalau kamu menentukan pilihan untuk membeli hosting lokal, kamu bisa masuk ke review hosting pada website penasihathosting.com.

Pada website tersebut, disajikan 10 hosting terbaik seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini:

Cara memilih hosting terbaik

Gambar copyright © penasihathosting.com / screenshot review hosting per tanggal 20 Juni 2019

Melalui review hosting terbaik diatas, kamu tentu bisa lebih mantap melangkah untuk menentukan pilihan hosting mana yang akan kamu pilih.

Review hosting luar negeri

Kalau kamu mau berhosting dari luar negeri, juga ada banyak website review hosting yang bisa menjadi referensi buat kamu dalam memilih hosting yang baik. Website review hosting luar negeri diantaranya adalah:

  • Hostingfacts.com
  • Hostingadvice.com
  • Mybesthostingreview.com
  • Dsb.

Lebih dari 30 penyedia hosting luar negeri bisa kamu lihat pada review hosting pada website diatas. Salah satu review hosting dari website hostingfacts.com adalah seperti pada gambar berikut ini:

Cara memilih hosting hostingfacts

Gambar copyright © hostingfacts.com / screenshot review hosting per tanggal 20 Juni 2019

#Kecepatan server/load time

Kecepatan server atau load time sebuah hosting sangat penting karena ini akan berkaitan dengan salah satu faktor SEO, page load speed, pada mesin pencari Google.

Jadi pastikan kamu benar-benar memilih hosting dengan load time yang cepat. Seperti pada gambar diatas, kecepatan load time #1 sesuai review hosting dari hostingfacts.com adalah penyedia hosting bluehost.com

Nanti setelah kamu membuat blog/website, kamu pasti mengerti seperti apa performa load time ketika kamu mengoperasikan website/blog yang kamu buat namun tetap sangat bergantung dengan struktur website/blog yang kamu buat.

#Fitur hosting

Beberapa tadi sudah kita bahas diatas, fitur hosting juga penting seperti kapasitas disk, RAM, add on domain, dsb.

Satu lagi yang perlu mengenai fitur hosting adalah Inodes.

Apa itu inodes? Kalau kamu sudah pernah berhosting sebelumnya, kamu bisa menemukan inodes pada bagian kiri di cPanel.

Jumlah inodes penting dalam sebuah hosting

Inodes ini adalah jumlah setiap file yang di tampung di dalam sebuah hosting seperti file ber-ekstensi .php, .html, .jpg, .jpeg, .png, dsb,

Ada banyak hosting ketika memberikan keterangan fitur pada website mereka, tidak menampilkan fitur inodes.

Jadi dengan kata lain, jika batas inodes nya 100.000, meskipun kamu punya kapasitas unlimited, maka ketika file di hosting kamu mencapai 100.000, maka kamu tidak bisa lagi menambahkan file ke hosting tersebut termasuk upload gambar.

Pada contoh gambar diatas yang saya ambil dari cPanel, salah satu hosting yang saya pakai, total inodes yang sudah digunakan sebanyak 95.100 dari 600.000 inodes atau baru sekitar 15% yang sudah terpakai.

#Metode pembayaran hosting

Baik lokal maupun hosting luar negeri, pembayaran saat ini tidak begitu sulit lagi karena sudah difasilitasi dengan visa. Visa sendiri sudah mudah didapatkan saat ini sebagai contoh dengan menggunakan kartu Jenius dari bank BTPN.

cara memilih hosting jenius visa

Gambar property of Jenius

Untuk poin-poin lain seperti harga, saya kira ketika serius membangun sebuah website/blog, maka ada harga yang harus kita bayar, meskipun mahal, kalau performa hostingnya bagus, maka itu layak untuk kita pakai sebagai hosting untuk website/blog kita.

Selamat mencoba dan mulai menulis coretan inspiratif kamu via website/blog sesuai dengan topik/niche blog yang sudah kamu tentukan dan ikuti terus update-an dari blog ini untuk trik-trik SEO yang bisa kamu aplikasikan di website/blog.

Foto © pixabay.com

Cara Memilih Hosting untuk Website/Blog
5 (100%) 2 votes

Immer Manalu

Immer Manalu

Immer Manalu is an active & enthusiastic blogger who has been spending much time writing articles on job interviews, cv, English lessons & SEO. He writes SEO topic for free to help those who are willing to optimize their blogs or websites for business purposes.

Update terakhir: 24.07.2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *