Cara Mengetahui Website Mobile-Friendly

Cara Mengetahui Website Mobile-Friendly

   17 Oktober 2018

Situs mobile-friendly menjadi salah satu faktor ranking di mata mesin pencari google yang artinya adalah kamu harus memastikan blog/website kamu sudah mobile friendly. So, bagaimana cara mengetahui website mobile-friendly?

Cara Mengetahui Website Mobile-Friendly

Ada banyak theme khususnya pengguna wordpress yang bisa kamu install untuk website kamu. Cara mengetahui website mobile-friendly atau tidak sangatlah mudah karena sudah banyak tool yang tersedia di Internet.

Sebenarnya postingan ini muncul ketika ada sesuatu hal yang baru yang saya dapatkan. Ternyata, tidak selamanya tema website kita yang ‘sudah tampil’ mobile friendly di handphone adalah mobile friendly di mata Google.

Ketika saya sadar bahwa tema website saya tidak mobile friendly, meskipun selama ini layout nya mobile friendly ketika di buka di hape, saat saya cek via mobile-friendly test, ternyata dia bilang itu tidak mobile friendly, langsung saya ganti layoutnya ke mobile-friendly. Gambar berikut ini adalah tampilan belum mobile-friendly;

Cara Mengetahui Website Mobile-Friendly

Kenapa harus mobile friendly? Saat ini, pengguna mobile atau handphone sudah melebihi pengguna PC atau Desktop dan ketika website kita tidak mobile friendly, maka hal itu akan berdampak tidak baik terhadap website kita.

Berikut langkah-langkah yang sangat mudah cara mengetahui website mobile-friendly;

#1. Masuk ke laman https://search.google.com/test/mobile-friendly

Cara Mengetahui Website Mobile-Friendly

#2. Masukkan nama domain website kamu

Ketik atau copypaste alamat url atau nama domain kamu pada space seperti pada gambar diatas. Tunggulah hasilnya setelah selesai di analisa oleh Google. Bila website kamu belum mobile friendly, sebaiknya ganti tema atau pakai plug in seperti wptouch (bagi pengguna wordpress). Bila website kamu sudah mobile friendly, maka akan tampil seperti ini:

Cara Mengetahui Website Mobile-Friendly

Contoh tampilan diatas menggunakan plugin namanya wptouch.

Website hipvie.com adalah website yang sudah mobile friendly tanpa menggunakan plugin, berikut tampilannya dibawah ini;

Cara Mengetahui Website Mobile-Friendly

Bila hanya sekedar mengetahui website mobile-friendly atau tidak, bisa juga menggunakan website mobiletest.me tapi tool dari google sangat di rekomendasikan.

Selamat mencoba!

Lihat postingan hipvie yang lain mengenai Kelebihan Hosting Hawkhost versi HIPVIE

Updated: 17 Oktober 2018

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *