Cek Domain Apakah Kena Sandbox atau Tidak

Cara Cek Domain Apakah Kena Sandbox atau Tidak

   3 Oktober 2018
Tool cek domain terkena sandbox pada artikel ini nampaknya tidak berfungsi lagi!

Ada banyak tujuan orang ketika membeli sebuah domain mau di isi apa nantinya website tersebut. Saat ini, domain sangat banyak yang menyediakan dengan harga yang bersaing seperti domain dengan ekstensi .com, .net, .info, .id dan lain sebagainya.

Cara Cek Domain Apakah Kena Sandbox atau Tidak

Apabila tujuan kamu membeli domain ingin membangun sebuah niche yang nantinya kamu mendaftar sebagai publisher google adsense, maka ada baiknya kamu harus cek domain apakah kena sandbox atau tidak. Jika domain tersebut kena sandbox, sudah dipastikan tidak bisa memasang adsense di website kamu dengan menggunakan domain yang kamu beli.

Pertanyaannya, memang domain yang baru bisa kena sandbox? Disini tidak semua domain yang kita beli tergolong domain baru (belum pernah dipakai). Ada banyak domain lama yang sudah expire sehingga available untuk didaftarkan lagi.

Saya pernah membeli sebuah domain dimana domain tersebut sangat bagus dengan karakter 4 huruf ber-ekstensi .co dan tujuan saya membeli domain itu ingin di optimasi dengan adsense dan ternyata saya tidak pernah berpikir kalau domain tersebut sudah pernah kena sandbox.

Ketika saya membangun website dengan domain tersebut dan layout website sudah ok tinggal memasang iklan, apa yang terjadi? Iklan tidak muncul alias blank dan cari tahu info lebih lanjut dan ternyata domain tersebut sudah pernah kena sandbox dan adsense sudah di banned di domain tersebut.

Saya coba beberapa kali jelasin ke pihak google kalau domain itu baru tapi tidak digubris sama sekali dan yaa… terpaksa ganti domain baru lagi dan sebelum membeli domain baru saya pastikan harus ngecek domain yang akan dibeli tidak pernah kena sandbox.

Pastikan sebelum membeli domain, kamu bisa cek kesehatan domain tersebut dengan cara memasukkan domain di website ctrlq.org/sandbox. Bila domain tidak pernah kena sandbox, maka akan muncul display iklan setelah dicek, begini penampakannya;

Masukkan nama domain yang mau dibeli:

Cek Domain Apakah Kena Sandbox atau Tidak

Dan akan muncul display iklan;

Cek Domain Apakah Kena Sandbox atau Tidak

Tetap sebaliknya, jika domain (xxxx.co) tersebut sudah pernah kena sandbox, maka yang muncul blank seperti contoh dibawah ini; (domain disensor ya)

Cek Domain Apakah Kena Sandbox atau Tidak

Sangat sederhana namun bila tidak diperhatikan, maka domain yang kena sandbox tidak bisa dipasang adsense dan satu lagi, jika domain diganti, maka uang beli domain tentunya tidak dapat dikembalikan. Itu saja sekilas cek domain sebelum membeli. Thank you.

Updated: 14 Oktober 2018

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *