Dampak Dari Perkataan Positif
in ,

Inilah Dampak Dari Perkataan Positif Dalam Kehidupan Anda

Dari Tung Desem Waringin, dampak dari perkataan yang positif setiap hari.

Video: Tung Desem Waringin

Dalam artikel ini, penulis akan menjelaskan bagaimana perkataan-perkataan positif dapat membantu dalam kehidupan sehari-hari.

Apa yang dimaksud dengan perkataan positif?

Kata-kata yang positif adalah kata-kata yang dapat membangkitkan semangat dan memberikan energi kepada orang lain. Kata-kata positif juga dapat meningkatkan mood seseorang dan menjadikannya lebih bahagia.

Perkataan positif dapat berdampak baik pada siapa pun yang mendengarnya, termasuk Anda sendiri. Jadi, ketika Anda mendengar atau membaca perkataan positif, pastikan untuk menyimpan mereka di hati Anda dan gunakanlah di masa yang akan datang.

Bagaimana perkataan positif dapat mempengaruhi seseorang?

Positif
Photo by Fab Lentz on Unsplash

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa perkataan positif dapat memiliki dampak yang sangat besar terhadap seseorang. Hal ini dikarenakan, saat kita mendengar atau membaca perkataan positif, otak kita langsung memberikan reaksi secara fisiologis.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas California, Berkeley menemukan bahwa ketika kita mendengar atau membaca perkataan positif, sel-sel di otak kita akan melepaskan neurotrasmitter dopamin. Dopamin adalah zat yang berperan dalam meningkatkan suasana hati dan memberikan rasa senang pada seseorang.

Selain itu, dopamin juga akan membantu seseorang untuk merasa optimis dan percaya diri

Cara mengatasi negativitas dengan perkataan positif

Negativitas bisa datang dari mana saja. Ketika kita sedang berada dalam situasi yang sulit, seringkali hal pertama yang kita pikirkan adalah hal-hal negatif. Kita mungkin berpikir bahwa kondisi ini tidak akan pernah berakhir, atau bahwa kita tidak akan pernah bisa mengatasinya. Padahal, justru dengan berpikir positif, kita bisa membantu diri kita sendiri untuk mengatasi situasi sulit tersebut.

Cara mengatasi negativitas dengan perkataan positif
Image by Jan Alexander from Pixabay

Cara mengatasi negativitas dengan perkataan positif bukanlah hal yang mudah. Tetapi jika kita bisa melakukannya, hasilnya akan sebanding dengan usaha yang kita putuskan.

Pertama, Anda harus mengetahui apa yang Anda pikirkan sekarang. Ini bisa dilihat dari perilaku Anda sehari-hari. Jika Anda selalu berpikir negatif, maka perilaku Anda pun akan refleksi dari pikiran negatif tersebut. Untuk memulai mengatasi negativitas, Anda harus mengetahui apa yang sedang Anda pikirkan. Kedua, Anda harus tahu bagaimana mengubahnya menjadi sesuatu yang positif. Hal ini dapat dilakukan dengan cara berpikir positif setiap kali Anda berada dalam situasi sulit.

Kesimpulan

Dari seluruh penelitian yang dicari, dapat disimpulkan bahwa kata-kata positif berpengaruh besar terhadap pembentukan sikap dan perilaku. Sikap dan perilaku ini nantinya akan menentukan seberapa sukses individu dalam hidupnya.

Oleh karena itu, sebaiknya kita mulai memilih untuk menyebarkan kata-kata positif dan memberikan pujian kepada orang lain. Hal ini akan sangat membantu untuk meningkatkan rasa percaya diri seseorang dan menjadikannya lebih produktif. Tidak hanya itu, dengan memberikan pujian, kita juga dapat mendidik anak-anak untuk menjadi lebih baik lagi.