Mainan Anak Terbaik untuk Perkembangan si Kecil di Usia 1 Tahun

Mainan Anak Terbaik untuk Perkembangan si Kecil di Usia 1 Tahun

Bingung memilih mainan anak terbaik untuk perkembangan si kecil? Sebenarnya, tidak sulit menentukan mainan yang cocok dan baik digunakan untuk anak-anak.

Hal yang perlu Anda perhatikan ketika memilih mainan anak adalah peruntukan usianya. Tidak semua mainan bisa dimainkan oleh berbagai umur. Jadi, pilihlah yang sesuai dan aman untuk dimainkan.

Berbagai mainan anak terbaik bagi perkembangan si kecil usia 1 tahun


Biasanya, anak di rentang usia antara 0-12 bulan belum terlalu paham tentang mainan. Ada kalanya, mereka suka bermain akan tetapi bisa menggunakan barang-barang yang ada di sekitarnya, seperti botol air mineral, kardus, gelas plastik, dan lain sebagainya. Hal ini membuat kebanyakan orang tua baru membelikan anak mainan di usia 1 tahun.

Mainan anak usia 1 tahun

Berikut jenis mainan anak yang cocok dan bagus untuk perkembangan anak usia 1 tahun.


1. Mainan Dorong dan Tarik

Mainan dorong tarik anak
Mainan dorong tarik via tokopedia

Mainan yang bisa didorong dan ditarik oleh anak ternyata mampu melatih perkembangan motorik kasar anak, seperti berdiri atau berjalan. Anak bisa belajar berjalan dengan mendorong troli dari kayu misalnya.

2. Mainan Balok Kayu

Mainan balok kayu anak
Mainan balok kayu anak via tokopedia

Mainan balok kayu yang berukuran besar dan kokoh sangat cocok dimainkan anak untuk melatih kemampuan matematika dasar dan saraf motorik halusnya.

3. Buku Tebal Bergambar

Buku tebal bergambar anak
Buku tebal bergambar via tokopedia

Buku tebal dan bergambar menarik, serta minim kata-kata sangat baik diperkenalkan pada anak di usia ini karena bisa melatih kemampuan berbahasa.


4. Puzzle Sederhana

Puzzle kayu anak
Puzzle kayu anak via tokopedia

Puzzle simpel yang mudah digenggam anak akan melatih kekuatan otot tangan dan jarinya agar lebih kuat.

5. Pretend Play

Mainan gerobak es krim
Mainan gerobak es krim via tokopedia

Mainan pura-pura ini bisa memperkenalkan lingkungan pada anak. Contohnya, mainan kasir, gerobak es krim, dan lain sebagainya. Mayoritas anak mencontoh dari lingkungan sekitarnya sehingga permainan ini sangat bagus dimainkan.

6. Busy Book

Busy book
Busy book via tokopedia

Busy book sangat baik diberikan kepada anak di usia 1 tahun karena mampu melatih anak untuk mengenal bentuk, tekstur, dan juga warna. Mainan ini mampu melatih indra penglihatan, keterampilan motorik, dan kreativitas anak.

7. Bola Sensori

Bola sensori
Bola sensori via tokopedia

Dengan tekstur bergerigi tumpul. Bola sensori juga mengeluarkan bunyi seperti tikus, Cit Cit, saat digigit. Bola ini dapat dijadikan sebagai alat melatih sistem motorik anak.

8. Rattle

Rattle
Rattle via tokopedia

Mainan rattle ini merupakan mainan yang bisa mengeluarkan bunyi dan memiliki banyak warna. Rattle ini merupakan mainan yang bisa digigit untuk merangsang pertumbuhan gigi. Selain merangsang pertumbuhan gigi, rattle ini bisa digunakan untuk melatih fokus, indra penglihatan, dan saraf motorik.

9. Sensory Board

Sensory boards
Sensory boards via tokopedia

Mainan ini merupakan papan yang berisi berbagai macam benda yang memiliki banyak tekstur untuk mengenalkan anak pada lingkungan sekitarnya. Mainan ini mampu melatih indra penciuman, penglihatan, dan lain sebagainya.

Tips Cara Memilih Mainan yang Aman untuk si Kecil

Banyak sekali mainan yang bisa dipilih untuk anak Anda, akan tetapi sebaiknya perhatikan beberapa tips ini sebelum membelinya.

1. Sesuaikan dengan Perkembangan Motorik

Sesuaikan mainan yang hendak diberikan pada anak dengan perkembangan dan pengetahuan anak. Bagi bayi usia 6 bulan, Anda bisa memberi mainan yang berwarna cerah dan mengeluarkan bunyi.

2. Cari yang Aman

Hindari mainan yang berujung runcing dan terbuat dari bahan-bahan kimia. Anak di bawah usia tahun biasanya senang memasukkan segala sesuatu ke dalam mulut sehingga pilih yang aman.

3. Perhatikan Ukuran

Jangan sekali-kali memberikan mainan yang berukuran kecil karena berbahaya jika tertelan.

Itulah sejumlah daftar mainan anak terbaik untuk perkembangan si kecil dan juga tips untuk memilihnya agar senantiasa aman ketika dimainkan oleh anak-anak kesayangan Anda di rumah.

Jangan lupa subscribe untuk menerima seputar tips tentang anak dari website anakpinter.com

Thank you.
Foto: babylist.com

Note: Klik gambar untuk melihat harga mainan

 

4 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like