10 Mainan STEM buat Anak-anak Jadi Pintar Untuk Usia 8 Tahun Ke Atas

Mainan STEM buat anak-anak jadi pintar

Bagi Anda yang ingin membuat si kecil jadi makin pintar, mainan STEM bisa jadi cara yang menyenangkan untuk mengajak anak belajar sembari bermain. STEM merupakan mainan yang mempunyai deretan pengetahuan mengenai science, technology, engineering dan mathematics. Karena itu disingkat jadi STEM. Game ini sangat cocok untuk mengembangkan daya pikir anak. Pastinya bisa Anda pilih untuk dijadikan permainan yang bagus buat si kecil kan? Mainan STEM buat anak-anak jadi pintar itu pun di pasaran ada banyak.

Biasanya, game STEM punya batasan usia minimum, mengingat permainan tersebut tidak mudah jadi memang harus memperhatikan umur sang anak. Ada yang diperuntukkan bagi usia 10 tahun ke atas dan ke bawah. Umumnya mainan pengasah kecerdasan tersebut sudah direkomendasikan untuk usia tertentu. Jadi, Anda bisa membeli sesuai umur si kecil.

Rekomendasi 10 Mainan STEM Buat Anak-Anak Jadi Pintar

Pilihan mainan STEM buat si kecil itu sendiri sangat beragam. Berikut ini adalah sepuluh jenis game STEM yang direkomendasikan untuk anak:


1. Gigo Alat Peraga Sains

Gigo Alat Peraga Sains mainan stem buat anak-anak jadi pintar
Gigo Alat Peraga Sains via blibli.com

Game STEM satu ini bisa dirakit menjadi truk, mobil dengan roda tiga, derek, buldoser, robot, pengangkat gunting, bahkan lift dan masih banyak lagi lainnya. Selain itu, Robot Gigo ini dilengkapi remote control yang bisa mengasah kemampuan anak dalam mengatur gigi dan turbin agar bekerja.

2. 4M Survival Science Mainan Edukasi

4M Survival Science Mainan Edukasi
4M Survival Science via amazon.co.uk

Bagi Anda yang ingin mengajak si kecil belajar tentang kompas, permainan 4M Survival Science sangat cocok dipilih. Selain itu, mainan edukasi ini seolah memperkenalkan mengenai jam matahari, fungsi teleskop, mesin air suling yang membuat seperti berada di gurun pasir dan juga belajar tentang kompas. Sangat cocok untuk sang anak yang menyukai permainan luar ruang.


3. OEM 4in1 Transforming Solar Robot Science

OEM 4in1 Transforming Solar Robot Science
OEM 4in1 Transforming Solar Robot Science via blibli.com

Sesuai namanya, robot ini bekerja dengan tenaga matahari. OEM 4in1 Transforming Solar Robot Science bisa dibentuk menjadi T-Rex, robot, serangga dan juga driller guna merangsang imajinasi sang anak. Tidak hanya itu saja, robot Y-Rex ini juga dapat mengasah kemampuan motorik dan mekanik si kecil.

4. Gigo Mini Gyro Sains STEM

Gigo Mini Gyro Sains STEM
Gigo Mini Gyro Sains STEM via tokopedia.com

Mainan STEM bernama Gigo mini gyro STEM ini bisa dirakit jadi beberapa bentuk seperti robot, mobil ruang angkasa, sepeda motor dan masih banyak lagi lainnya. Game ini dapat mengajarkan ke anak mengenai gaya gravitasi dan juga rotasi. Menarik sekali, bukan?

5. UBTECH Jimu Inventor Kit

UBTECH Jimu Inventor Kit mainan stem buat anak-anak jadi pintar
UBTECH Jimu Inventor Kit via onedigital.com.sg

Untuk Anda yang ingin melatih kemampuan anak dari segi berpikir logis, spasial dan lateral, bisa memilih UBTECH Jimu Inventor Kit. Sebab dengan permainan ini si kecil dapat berlatih untuk mengatur robot dalam berbagai gerakan, dengan cara merekam pose kemudian menjadikan robot bergerak pada pose tersebut. Game ini juga bisa diprogram melalui aplikasi khusus.


6. Lego Boost Creative Toolbox Building & Coding Kit

Lego Boost Creative Toolbox Building & Coding Kit
Lego Boost Creative Toolbox Building & Coding Kit via amazon.com.au

Mungkin Anda sudah punya mainan lego, tapi yang satu ini tampil beda. Ada 843 potongan lego yang dapat disusun menjadi lima robot keren. Seperti robot kucing, kendaraan dan lainnya. Ketika sang anak sudah menyelesaikan game lego boost creative toolbox building and coding kit ini, si kecil bisa menggunakan aplikasi drag and drop guna menyelesaikan berbagai gerakan. Misalkan saja mengontrol suara, gerakan, cahaya dan masih banyak lagi lainnya.

7. STEM Learning Resources Code And Go Robot Mouse Activity Set

STEM Learning Resources Code And Go Robot Mouse Activity Set
STEM Learning Resources Code And Go Robot Mouse Activity Set via amazon.com

Mainan berupa robot tikus ini mengajak si kecil untuk lebih cerdas dalam memahami ruang dan pemrograman sedari dini. Dimana robot tikus tersebut dapat bergerak di sepanjang labirin sesuai dengan coding card yang telah ditentukan oleh si kecil. Anda pun bisa mengajak sang anak untuk berlatih kecerdasan sekaligus pemrograman dari tingkat dasar dengan game ini.

8. Robotis Play 300 Dinos

Robotis Play 300 Dinos
Robotis Play 300 Dinos via orientaltrading.com

Untuk si kecil yang suka dengan Dinosaurus, Robotis play 300 Dinos sangat cocok dipilih. Mainan robot ini dapat dirakit menjadi tujuh dinosaurus yang berbeda-beda. Anda juga dapat melihat bagaimana petunjuk perakitan secara 3 dimensi lewat aplikasi yang telah disediakan. Di samping itu, robot dinosaurus ini sudah dilengkapi geared motor yang memungkinkan robot tersebut bisa bergerak. Keren sekali kan?

9. Fischertechnik Basic Solar

Fischertechnik Basic Solar mainan stem buat anak-anak jadi pintar
Fischertechnik Basic Solar via amazon.com

Robot dengan bentuk pesawat terbang satu ini mengajak sang anak untuk memahami penggunaan energi matahari. Sebab robot tersebut beroperasi dengan memadukan mekanisme motor yang dapat bergerak melalui energi surya. Si kecil pun dapat berkenalan dan mengerti akan pemanfaatan energi dari cahaya matahari sejak dini.

10. Tamiya Mechanical Racehorse GallopingType

Tamiya Mechanical Racehorse GallopingType
Tamiya Mechanical Racehorse GallopingType via tamiya.hk

Mainan dengan tampilan semi transparan ini mengajak si kecil untuk belajar mengenai hukum alam. Karena di game tersebut memiliki energi listrik yang telah tersimpan dalam baterai kemudian akan ditransfer ke kaki lewat engkol dan juga komponen motor rotasi. Sehingga membuat robot dapat bergerak secara mekanik.

Demikianlah sepuluh rekomendasi mainan yang dapat mengasah kecerdasan anak. Dimana tiap-tiap permainan tersebut punya tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Anda pun bisa menemani si kecil untuk bermain sembari belajar bersama.

Manfaat Mainan STEM Untuk Anak

Sedikit disinggung di awal, kalau mainan STEM sangat membantu untuk merangsang kecerdasan anak. Namun lebih dari itu, berikut adalah manfaat yang dapat diperoleh dari mainan STEM bagi si kecil:

1. Membantu mengasah pola pikir anak sejak kecil.

Melalui game STEM yang sangat edukatif mampu mendorong sang buah hati untuk berpikir secara logis atau sistematis.

2. Belajar memecahkan masalah.

Tentu saja Anda sebagai orang tua akan sangat senang ketika melihat si kecil berhasil menyelesaikan masalah sekalipun itu hal sederhana. Dimana pemecahan masalah tersebut tidak lain ketika si kecil berhasil menyelesaikan game sesuai instruksi. Secara tidak langsung, game STEM turut menstimulasi sang anak untuk menyelesaikan suatu kendala.

3. Memberikan pembelajaran yang aktif.

Seperti yang diketahui saat ini banyak anak-anak yang sibuk bermain gadget dan belum tentu bagus untuk perkembangannya. Karena itu, dengan permainan STEM yang menarik, mampu mengajak si kecil untuk belajar sambil bermain.

Melihat manfaat bagus dari game STEM, apakah Anda tertarik untuk segera membelikan mainan tersebut untuk si kecil? Lalu, manakah yang akan Anda pilih? Baik itu untuk anak laki-laki maupun perempuan sama-sama bisa diperbolehkan game STEM apa saja. Sebab mainan robot tidak selalu untuk anak laki-laki.

Dari 10 mainan STEM buat anak-anak jadi pintar di atas tentu juga harus disesuaikan dengan usia ya! Sebab permainan pengasah kecerdasan ini sangat direkomendasikan dipilih sesuai umurnya. Seperti kesepuluh mainan STEM yang telah disebutkan, lebih cocok untuk usia minimal 8 tahun. Jadi, sudah cocokkah dengan umur anak Anda? Dapatkan sekarang juga untuk mendorong kecerdasan si kecil lewat permainan yang edukatif.

Note: Anda bisa langsung nge-klik gambar untuk melihat detail harga. Beberapa tersedia di toko online Indonesia dan juga beberapa produk dari amazon.

4 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like