Kenali Mainan yang Cocok Untuk Anak Super Aktif


Mari kita simak mainan untuk anak super aktif.

Tumbuh kembang anak berbeda-beda mulai dari yang aktif, super aktif, bahkan hiperaktif. Biasanya perkembangan ini ditandai dengan perbedaan stamina dan daya fokus pada setiap anak. Anak-anak juga perlu rangsangan untuk pertumbuhan otak dan fokus mereka.

Info lain

Salah satu rangsangan yang baik adalah dengan permainan. Ada beberapa mainan yang cocok untuk anak super aktif, aktif, dan hiperaktif. Tentu saja permainan yang diberikan berbeda dalam setiap perkembangan anak.


Perbedaan anak aktif, super aktif & hiperaktif

Anak yang hiperaktif memiliki energi yang tidak terbatas dalam tubuh mereka. Biasanya mereka tidak bisa diam, sulit berkonsentrasi dan perhatiannya mudah teralihkan, suka merusak, kesulitan diberi tahu. Sedangkan anak super aktif adalah anak yang juga memiliki energi tinggi, tapi masih bisa berkonsentrasi dan merasa lelah. Apabila diberikan tugas ia akan berusaha menyelesaikannya. Sedangkan anak aktif memiliki ciri yang sama dengan anak super aktif, perbedaannya terletak pada energi yang dimiliki anak aktif lebih rendah daripada super aktif.

Mainan yang Cocok Untuk Anak Super Aktif

Anak super aktif biasanya memiliki energi yang lebih cenderung tidak bisa diam. Maka dari itu permainan yang cocok untuk mereka adalah bermain dengan aktivitas di luar ruangan kombinasi dengan aktivitas permainan mengasah otak. Anak super aktif memiliki daya konsentrasi yang cukup baik bahkan cenderung pintar. Mainan yang cocok diberikan diantaranya:


Puzzle atau blok

Mainan yang Cocok Untuk Anak Super Aktif puzzle
Puzzle blocks via shopee.co.id

Dapat melatih daya konsentrasi dan koordinasi otak untuk menghubungkan potongan-potongan gambar/blocks tertentu menjadi gambar yang benar atau menjadi bentuk sebuah bangunan yang utuh untuk permainan blocks.

Lego

lego mainan anak
Mainan Lego via Youtube

Berbentuk balok-balok kecil yang dapat disusun. Permainan ini dapat memicu kreatifitas dan daya imajinasi anak. Penyusunan balok-balok kotak dapat dibuat menyerupai bentuk apapun sesuai dengan keinginan anak.

Box angka dan huruf

boks angka dan huruf
Box huruf via shopee.co.id

Permainan ini cocok dimainkan oleh anak-anak yang baru belajar mengenal angka dan huruf. Cara bermainnya adalah dengan memasukkan angka atau huruf yang benar ke dalam kotak yang mirip puzzle. Permainan ini akan melatih konsentrasi dan daya berpikir analitis anak.


Permainan dengan bola

mainan bola karet anak
Bola karet via Tokopedia.com

Bermain dengan menggunakan bola dapat dilakukan di dalam maupun di luar ruangan. Untuk anak super aktif, dapat menyalurkan energi yang besar di dalam diri mereka menjadi kegiatan yang positif. Misalnya dengan bermain lempar tangkap bola.

Tips Memilih Mainan Untuk Anak

Bermain merupakan kegiatan bersenang-senang bagi anak-anak. Selain itu bermain memiliki manfaat merangsang daya motorik anak, menimbulkan rasa kebersamaan dan sosial, juga bermain memiliki sisi edukasi untuk anak. Maka dari itu orang tua juga harus pandai untuk mengamati dan memilihkan jenis permainan. Beberapa tips memilih mainan untuk anak yaitu:

  • Harus disesuaikan dengan usia. Pemilihan permainan sesuai dengan usia anak sangat penting dilakukan. Sebagai contoh, orang tua tidak mungkin memberikan permainan puzzle pada bayi yang berumur 6 bulan. Puzzle dapat diberikan setelah anak-anak mulai menginjak usia 5 tahun. Maka dari itu kesesuaian usia dengan permainan sangat penting.
  • Harus disesuaikan dengan jenis kelamin. Tentunya jenis kelamin akan mempengaruhi jenis mainan yang diberikan, meskipun ada permainan yang dapat dimainkan oleh semua jenis kelamin anak. Misalnya permainan boneka dan masak memasak identik dimainkan oleh anak perempuan bukan laki-laki begitupun sebaliknya.
  • Tidak mengandung bahan berbahaya. Saat ini banyak ditemukan mainan anak yang mengandung racun dan bahan berbahaya apabila dihirup ataupun ada zat-zat yang tertelan.
  • Hindari gadget. Sebisa mungkin hindari memberikan gadget pada anak-anak karena biasanya akan membuat anak kecanduan bermain gadget dan melupakan tugas yang lainnya.

Itulah beberapa mainan yang cocok untuk anak super aktif dan tips memilihnya bagi para orang tua.

Foto: popmama.com

Daftar harga mainan

Berikut daftar harga mainan diatas.

Puzzle atau blok
Beli di Shopee (Rp. 149.000)
Beli di LAZADA (Rp. 38.000)
Beli di Tokopedia (Rp. 28.000)
Beli di Bukalapak (Rp. 32.000)
Beli di Blibli.com (Rp. 42.000)
Beli di JD.ID (Rp. 149.000)
Lego
Beli di Shopee (Rp. 84.500)
Beli di LAZADA (Rp. 859.000)
Beli di Tokopedia (Rp. 127.000)
Beli di Bukalapak (Rp. 108.000)
Beli di Blibli.com (Rp. 370.000)
Beli di JD.ID (Rp. 469.000)
Box angka/huruf
Beli di Shopee (Rp. 79.000)
Beli di LAZADA (Rp. 290.000)
Beli di Tokopedia (Rp. 79.000)
Beli di Bukalapak (Rp. 127.800)
Beli di Blibli.com (Rp. 79.000)
Beli di JD.ID (Rp. 79.000)
Mainan Bola
Beli di Shopee (Rp. 5.000)
Beli di LAZADA (Rp. 22.000)
Beli di Tokopedia (Rp. 6.000)
Beli di Bukalapak (Rp. 6.000)
Beli di Blibli.com (Rp. 20.000)
Beli di JD.ID (Rp. 15.000)


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *