Serah Terima Naskah Soal Seleksi CPNS dan PPPK 2023

Serah terima naskah soal seleksi CPNS dan PPPK sudah dilakukan pada tanggal 10 Agustus 2023 sebagaimana di informasikan pada website resmi menpan.go.id

Serah terima naskah seleksi CPNS 2023

menpan.go.id – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melakukan serah terima naskah soal seleksi kompetensi manajerial, sosial kultural, dan wawancara PPPK serta seleksi kompetensi dasar CPNS tahun 2023 di Jakarta, Kamis (10/08).

Serah terima naskah soal dilakukan oleh Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kemendikbudristek Ambar Musyarifah kepada Asisten Deputi Perancangan Jabatan, Perencanaan, dan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian PANRB Aba Subagja.

Adapun naskah soal yang diserahkan tersebut disusun oleh 173 penulis dari 35 universitas dan lembaga. Keseluruhan proses penyusunan soal, mulai dari penyusunan kisi-kisi hingga telaah bahasa telah menggunakan sistem pengamanan teknologi yang ketat yang digawangi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) serta diawasi oleh Kementerian PANRB, Badan Kepegawaian Negara (BKN) , dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Kegiatan ini dihadiri oleh tim dan anggota Panselnas dari BKN, BSSN, BPKP, BRIN.

Tahapan seleksi CPNS

Informasi ini menjadi kabar gembira buat para calon pelamar pada seleksi CPNS 2023.

Adapun tahapan seleksi CPNS 2023 tidak jauh berbeda dengan seleksi CPNS tahun-tahun sebelumnya seperti;

  1. Seleksi Administrasi;
  2. Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD; dan
  3. Seleksi Kompetensi Bidang atau SKB.

Pada tahap SKD, biasanya tes ini atau tryout SKD CPNS 2023 terdiri dari 3 jenis tes yaitu Tes Intelegensia Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaaan (TWK) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Baca juga 100+ Contoh Soal TIU (Tes Intelegensi Umum) CPNS Lengkap dengan Pembahasan

Referensi tryout SKD CPNS

Untuk melengkapi kesiapan dalam tes SKD CPNS tahun ini, kalian bisa belajar dan latihan soal-soal SKD CPNS yang sudah banyak tersedia di Internet.

Sebagai contoh, salah satunya pada website tryout.one pada kategori CPNS dan Kedinasan.

Sistem tryout SKD CPNS pada website tryout.one mirip dengan CAT (Computer Assisted Test) yang bisa dikerjakan secara gratis dan berulang-ulang dan dapat mempelajari soal-soalnya lebih lanjut pada sesi review.

Dengan banyak belajar dan latihan soal SKD CPNS 2023, maka kalian sudah melangkah lebih maju daripada mereka yang tidak pernah latihan sama sekali.

Bimbel CPNS 2023

Jadi, pastikan perbanyak latihan soal-soal CPNS dan juga bisa mengambil jalur bimbel (Bimbingan Belajar) CPNS pada website AYOCPNS yang terdiri dari bimbingan TIU, TWK dan TKP.

Sukses selalu!

Ayo kawan-kawan, bagikan informasi ini ke teman dan kerabat kamu ya 🙏

Updated: 29 Februari 2024
Lowongan kerja dan bisnis online

Immer Manalu

https://www.hipvie.com/

Penulis lepas (freelance writer) untuk topik seperti interview, cv, English lessons, SEO dan latihan psikotes online.

Related Post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *