Close
Social profiles

Perbedaan SEO dan SEM [Paid & Organic Traffic]

Perbedaan SEO dan SEM

Kita bahas dulu ya sedikit apa perbedaan SEO dan SEM. Kamu pernah gak mendengar istilah SEM? SEO dan SEM itu tetanggan tapi ada perbedaan yang sangat mencolok diantara 2 (dua) istilah tersebut.

SEO & SEM sama-sama ampuh untuk membangun bisnis online/blog pribadi kamu

Kalau pengertian SEO sendiri pasti kamu sudah baca postingan apa itu SEO. Jadi SEM itu singkatan dari mana sih? SEM itu singkatan dari Search Engine Marketing. Nah, kalau SEO itu kan Search Engine Optimization. Dari singkatannya saja sudah berbeda apalagi penggunaannya.

SEO & SEM, mana lebih hebat?

Mari kita bahas lebih detail lagi. SEO dan SEM sama-sama hebat dalam mendatangkan traffic ke blog/website kamu. Keduanya bisa membuat bisnis online kamu besar dan memiliki banyak pengunjung.

Perbedaan SEO dan SEM

Kalau SEO itu, proses mendatangkan teraffic/pengunjung secara gratis (organic traffic) dari mesin pencari seperti Google tetapi SEM itu sebaliknya, proses mendatangkan traffic/pengunjung berbayar (paid traffic). Jadi kamu harus mengeluarkan duit biar traffic masuk ke blog/website kamu.

SEO itu memang sangat rumit dan butuh proses pembelajaran yang berkesinambungan untuk bisa membuat sebuah blog/website selalu pada posisi #1 di Google seperti yang sudah kita bahas sebelumnya. Sementara kalau SEM itu adalah hal yang sangat mudah asalkan ada duit, kamu bisa cepat mendatangkan traffic ke blog/website kamu.

Pengertian SEM (Search Engine Marketing)

SEM (Search Engine Marketing) adalah proses dalam mendatangkan pengunjung/traffic ke blog/website secara berbayar atau sering disebut paid traffic yaitu dengan cara beriklan di ad networks.

SEM saat ini sangat banyak di gunakan oleh pelaku bisnis online atau kita sebut Internet Marketers. Karena tidak ada waktu untuk belajar SEO, mereka cukup mengeluarkan dana untuk mendatangkan traffic ke blog/website yaitu melalui iklan (ads) yang juga sering kita tahu dengan istilah Google ads (Nama sebelumnya: Adwords).

Ad networks apa saja untuk mendatangkan paid traffic

Jadi kalau kamu mau menarik pengunjung ke blog/website kamu, kamu bisa memilih ad networks sebagai sumber traffic ke blog kamu. Lantas ad networks apa saja sebagai sumber traffic (paid traffic) ke blog/website?

#1. Google ads

Google ads atau sebelumnya Adwords merupakan ad network raksasa di dunia. Menurut om searchenginejournal.com, ada sebanyak lebih dari 3,5 Miliar pencarian yang terjadi lewat mesin pencari Google setiap harinya.

Ini merupakan potensi yang sangat besar untuk mendobrak sebuah bisnis online dengan cara beriklan di Google ads. Seperti apa penampakan iklan di Google ads? Berikut screenshotnya di bawah ini;

Perbedaan seo dan sem google ads

Pasti kamu tidak asing lagi dengan tampilan seperti ini ketika mencari sesuatu di mesin pencari Google. Ini merupakan iklan/paid traffic yang di iklankan oleh website beres.id untuk jasa service ac. Ketika kamu mencari kata kunci “jasa service ac” maka akan muncul iklan seperti ini (bisa random).

Bisa kan kamu bayangkan, usaha apapun yang bisa dijual secara online dapat dengan mudah menarik pelanggan/pengunjung yaitu melalui proses beriklan di Google ads dimanapun kamu berada, non stop 24 jam iklan kamu bisa tampil dengan budget yang sudah kamu tentukan.

#2. Bing ads

Ad network berikutnya adalah Bing ads. Mesin pencari punya microsoft ini juga sebagai media untuk beriklan untuk mendatangkan traffic (paid traffic) ke website/blog kamu.

#3. Adroll

Ad nework dengan ranking global 45rb an ini bisa menjadi salah satu media beriklan untuk website/blog kamu.

#4. Yahoo Gemini

#5. Facebook

Siapa yang tidak kenal dengan jejaring sosial facebook? Bertahan pasa posisi ranking global #3 menurut om alexa ini sangat banyak pengunjungnya setiap harinya. Lebih dari 1,5 Miliar setiap harinya login ke facebook baik melalui aplikasi maupun desktop (pc). Dengan angka segitu, iklan yang tampil sangat prospektif sekali dalam mendatangkan traffic ke blog/website kamu.

Ini dia penampakan iklan facebook;

Perbedaan seo dan sem facebook ads

#6. LinkedIn

#7. Twitter

#8. Pinterest

#9. Instagram

#10. Dan masih banyak lagi

Baiklah, kita gak bahas satu per satu ad networks diatas ya!

Dari sekian banyak ad networks tadi, Google ads masih posisi top untuk di jadikan sebagai media beriklan bagi para pelaku bisnis online.

Kalau kamu mau mempelajari Google ads, sudah banyak sekali yang membahas cara beriklan di Google ads. Kamu tinggal cari di om Google, nanti akan muncul banyak sekali pembahasan disana.

SEO atau SEM sebagai sumber traffic ke blog/website

SEO dan SEM dapat menumbuhkan sebuah bisnis online. Kamu pilih yang mana? Apakah SEO atau SEM? Kalau SEO, kamu musti mengikuti update-an dari blog ini karena memang di khususkan membahas dan praktek SEO untuk blog/website.

Tetapi kalau kamu lebih memilih SEM, kamu tidak perlu belajar SEO karena kamu cukup hire orang atau belajar cara mendatangkan traffic berbayar dengan menggunakan ad networks diatas tadi.

Cara beriklan di Google ads

Ini ada video buat kamu yang penasaran bagaimana cara beriklan di Google ads yang di publikasikan oleh @Hendry Rudiansyah yaitu “Langkah Awal Beriklan Di Google | Cara Beriklan Dengan Google Ads”;

So, kamu sudah paham kan perbedaan SEO dan SEM untuk Internet Marketing dalam membangun blog/website ataupun bisnis online kamu?

Ikuti terus ya postingan terupdate untuk pembahasan SEO dan trik-trik SEO.

Spread the love
  • 6
    Shares
Immer Manalu

Immer Manalu

Immer Manalu is an active & enthusiastic blogger who has been spending much time writing articles on job interviews, cv, English lessons & SEO. He writes SEO topic for free to help those who are willing to optimize their blogs or websites for business purposes.

Update terakhir: 17.07.2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *