10 Strategi Terbaik untuk Menghadapi UTBK SNBT

Kamu sedang pusing untuk menghadapi UTBK? Gunakan saja strategi menghadapi UTBK 2024 paling ampuh. Dengan menggunakan strategi yang tepat, UTBK pun akan lebih lancar dan mudah untuk dihadapi.

Menjelang ujian UTBK seperti saat ini, memang banyak sekali yang khawatir. Baik itu khawatir tidak bisa mengerjakan atau hal yang lainnya. Jadi, perlu sekali menggunakan strategi menghadapi UTBK yang tepat.

Strategi Terbaik untuk Menghadapi UTBK SNBT
Foto: pixabay.com

Di sini akan diberikan beberapa strategi dalam menghadapi UTBK SNBT. Penasaran dengan strategi apa saja yang bisa digunakan? Simak saja penjabaran lengkapnya di bawah ini!

10 Strategi Menghadapi UTBK SNBT Paling Manjur

Saat akan mengikuti UTBK, perlu sekali menggunakan strategi menghadapi UTBK yang benar. Berikut akan diberikan beberapa strategi yang paling ampuh:

1. Lakukan Persiapan

Dalam menghadapi UTBK sebaiknya lakukan persiapan jauh sebelum tes tersebut dilaksanakan. Baik itu mempersiapkan materi dan juga mental. Karena, dua hal tersebut sangat penting sekali.

Persiapkan semua materi yang sering muncul pada soal-soal UTBK. Cari beberapa materi yang wajib dikuasai. Jangan lupa siapkan diri dan jangan sampai kepercayaan diri menurun sebelum ujian berlangsung.

2. Evaluasi Materi

Tips mengikuti UTBK SNBT berikutnya adalah evaluasi sebuah materi. Di zaman sekolah, memang akan banyak sekali materi yang harus dipelajari. Namun, tidak semuanya akan muncul di soal UTBK.

Jadi, pisahkan materi yang akan muncul di soal UTBK. Pelajari saja materi tersebut dan fokus pada materi yang ada. Jangan pelajari materi yang tidak akan pernah muncul, karena hanya akan membuang waktu.

3. Berlatih Soal UTBK Tahun Sebelumnya

Untuk tips menghadapi UTBK yang berikutnya yaitu dengan berlatih soal pada tahun sebelumnya. Karena, pada dasarnya soal yang dibuat di setiap tahunnya pasti hampir sama. Sehingga, soal di tahun sebelumnya bisa menjadi sebuah acuan.

Dengan mengerjakan soal-soal UTBK tersebut. Kamu, akan mempunyai gambaran soal yang akan muncul di tahun ini. Sehingga, akan lebih siap dalam menghadapi UTBK SNBT.

4. Ikuti Tryout UTBK SNBT

Saat ini sudah banyak yang mengadakan tryout UTBK SNBT. Biasanya, pihak yang mengadakan tryout tersebut adalah pihak dari luar sekolah. Jadi, sebaiknya cari informasi mengenai kegiatan tersebut.

Karena, dengan mengikuti tryout Kamu bisa mengetahui kemampuan diri. Apalagi, sekarang ini ada tryout yang dilaksanakan dengan cara online. Jadi, lebih mudah dan bisa dikerjakan dari rumah juga pastinya.

5. Kupas Soal Dan Jawabannya

Agar Kamu bisa lebih paham dengan soal yang akan muncul. Sebaiknya, kupas soal dan juga jawabannya. Tips menghadapi UTBK yang satu ini akan membuat seseorang menjadi lebih paham dengan materi yang akan muncul.

Jadi, tidak hanya sekedar hafal saja dengan soal yang muncul. Namun, lebih paham dengan konsep soal yang muncul. Dengan memahami soal tersebut, mengerjakan tes UTBK pun akan lebih mudah.

6. Buat Jadwal Belajar

Pada strategi menghadapi UTBK berikutnya yaitu dengan membuat jadwal untuk memahami materi yang muncul di soal. Materi tersebut harus dipahami semua sebelum mengikuti UTBK.

Buatlah sebuah jadwal belajar di setiap harinya. Jadi, di setiap harinya mempelajari materi yang berbeda. Sehingga, pada saat tes akan berlangsung semua materi sudah bisa dikuasai dengan baik.

7. Mencari Waktu Belajar Yang Tepat

Untuk strategi menghadapi UTBK berikutnya adalah dengan mencari waktu belajar yang tepat. Tentunya setiap orang mempunyai waktu ternyaman yang berbeda-beda. Usahakan untuk mencari waktu yang tidak mengganggu aktivitas lainnya.

Tentukan sendiri waktu yang paling tepat dan kondusif. Namun, tidak disarankan untuk belajar pada tengah malam. Karena, bisa membuat waktu untuk istirahat jadi terganggu. Hal tersebut bisa berpengaruh kepada kesehatan Kamu.

8. Ciptakan Suasana Belajar Yang Nyaman

Suasana belajar juga berpengaruh sekali terhadap konsentrasi belajar. Usahakan untuk menciptakan sebuah suasana belajar yang nyaman. Masing-masing orang menyukai suasana belajar yang berbeda-beda.

Ada yang menyukai suasana belajar yang ramai, maka bisa belajar di sebuah tempat yang ramai. Namun, terdapat pula yang menyukai suasana sepi serta tenang. Jadi, dapat disesuaikan menurut selera masing-masing.

9. Pahami Aturan UTBK

Kegiatan yang jarang dilakukan yaitu memahami aturan UTBK SNBT. Padahal, hal tersebut sangat penting dan bisa dijadikan strategi menghadapi UTBK. Jadi, harus dipelajari dan dipahami mengenai aturan tersebut.

Bisa dengan mempelajari sistem nilainya. Selain itu, bisa juga dengan melihat jurusan apa yang mempunyai peluang besar untuk lolos. Strategi ini bisa dipelajari sebelum tes berlangsung.

10. Menjaga Kondisi Tubuh

Menguasai materi UTBK memang sangat penting sekali. Namun, hendaknya jangan sampai mengganggu aktivitas tubuh. Karena, banyak sekali yang memaksakan dirinya untuk belajar hingga larut malam.

Alhasil, kondisi tubuh menjadi tidak bugar dan gampang untuk sakit. Sehingga, nantinya akan berpengaruh terhadap persiapan tes tersebut. Tentunya jangan sampai sakit saat sedang mengikuti ujian untuk masuk perguruan tinggi tersebut.

Jenis Soal-Soal UTBK SNBT 2024

Di atas sudah dijabarkan beberapa strategi menghadapi UTBK. Jangan lupa kenali pula berbagai konsep soal yang kerap muncul pada tes UTBK.

Ada 2 konsep soal pada tes UTBK, jenis soal ini tidak sama dengan konsep soal tes UTBK yang dahulu. Bahkan, konsep soalnya tidak hanya tentang pengetahuan namun tentang penalaran juga.

Di bawah ini akan dijelaskan 2 jenis soal yang akan muncul di UTBK SNBT tahun ini. Berikut penjabaran lengkapnya:

1. Jenis Tes Skolastik

Untuk jenis yang pertama ada tes skolastik. Di dalam tes ini Kamu dituntut untuk dapat berpikir secara kognitif. Jadi, nantinya terdapat berbagai pertanyaan yang berhubungan dengan pemahaman dan nalar seseorang.

Di dalam jenis soal ini ada beberapa jenis soal lainnya lagi. Seperti tes pemahaman bacaan serta tulisan, tes pengetahuan serta penalaran umum, serta tes pemahaman kognitif seseorang.

Semua tes tersebut bisa dikerjakan sesuai dengan kemampuan Kamu. Setiap orang mempunyai penalaran yang berbeda-beda. Jadi, tidak perlu bingung bila jawaban Kamu berbeda dari yang lainnya.

2. Tes Literasi

Jenis yang kedua yaitu ada tes literasi. Pada tes ini lebih ke penguasaan materi pada sebuah pelajaran tertentu. Jadi, bukan lagi tentang pemahaman soal namun lebih ke pengetahuan umum.

Pada jenis ini juga ada 3 jenis lainnya lagi. Meliputi tes penalaran matematika, tes literasi bahasa Indonesia, dan juga tes literasi bahasa Inggris. 3 mata pelajaran tersebut dipastikan ada di dalam soal UTBK.

Jadi, siapkan semuanya dengan menguasai mata pelajaran di atas. Biasanya untuk materinya yaitu materi pada waktu sekolah. Jadi, pelajari saja dengan menggunakan strategi menghadapi UTBK yang sudah dijelaskan di atas.

Jadi, itulah berbagai strategi menghadapi UTBK dengan mudah. Gunakan strategi di atas agar bisa mengikuti UTBK dengan santai serta nyaman. Pelajari juga beberapa jenis soal yang sudah disebutkan di atas.

Simak juga Logika Analisis – Salah Satu Kisi-kisi Materi SKD TIU

Ayo kawan-kawan, bagikan informasi ini ke teman dan kerabat kamu ya 🙏

Updated: 8 Maret 2024
Lowongan kerja dan bisnis online

Immer Manalu

https://www.hipvie.com/

Penulis lepas (freelance writer) untuk topik seperti interview, cv, English lessons, SEO dan latihan psikotes online.

Related Post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *